Find Us On Social Media :

Lakukan 6 Langkah Ini untuk Mencegah DBD

By Ade Sulaeman, Sabtu, 6 Februari 2016 | 09:30 WIB

Lakukan 6 Langkah Ini untuk Mencegah DBD

Intisari-Online.com - Demam berdarah dengue (DBD) mulai muncul di beberapa wilayah di Indonesia. Untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran DBD.

Risiko terkena demam berdarah yang parah, juga dikenal sebagai DBD, akan semakin meningkat jika Anda terinfeksi untuk kedua, ketiga atau keempat kalinya.

Para peneliti masih mencari vaksin terbaik untuk mencegah demam berdarah. Jadi, untuk saat ini Anda bisa melakukan 6 cara berikut untuk pencegahan:

1. Jika Anda tinggal atau bepergian di daerah di mana demam berdarah dikenal atau sedang mewabah, cara terbaik untuk menghindari demam berdarah adalah dengan menghindari gigitan nyamuk.

2. Gunakan AC, jaring pada jendela maupun pintu masuk, serta kelambu. Ini sangat penting untuk mencegah nyamuk masuk ke ruangan.

3. Menjadwal ulang kegiatan di luar ruangan. Hindari berada di luar ruangan pada waktu subuh, sore, dan senja, ketika nyamuk lebih banyak keluar.

4. Memakai pakaian yang bisa melindungi kulit. Terlebih ketika Anda pergi ke daerah-daerah penuh nyamuk, seperti mengenakan kemeja lengan panjang, celana panjang, kaus kaki dan sepatu.

5. Gunakan obat nyamuk, baik yang disemprot pada ruangan atau dioleskan pada kulit. Untuk kulit Anda, gunakan penolak nyamuk yang mengandung setidaknya konsentrasi 10 persen DEET. Namun hindari penggunaan pada bayi atau anak yang kurang dari 3 tahun.

6. Mengurangi habitat nyamuk. Nyamuk yang membawa virus dengue biasanya tinggal di dalam dan sekitar rumah, berkembang biak di air yang tergenang. Mengurangi habitat tempat berkembang biaknya nyamuk bisa menurunkan populasi nyamuk. (kompas.com