Find Us On Social Media :

Redakan Sakit Kepala Sebagian dengan Mengigit Pensil

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 17 Februari 2016 | 09:30 WIB

Redakan Sakit Kepala Sebagian dengan Mengigit Pensil

Intisari-Online.com - Siapa yang menyangka jika menggigit pensil bisa meredakan sakit kepala sebagian. Dengan menggigit pensil secara horisontal kita bisa mengendurkan otot rahang yang tegang.

Seperti yang diutarakan Dr Jane Leopard, sakit kepala sebagian besar dipicu oleh kelelahan, stres, cemas, hingga gangguan emosi. Saat itu terjadi kejang otot di daerah wajah, leher, rahang, dan kulit kepala yang menyebabkan sakit kepala.

Tak hanya itu, kejang otot juga bisa menjadi tanda disfungsi temporomandibular joint (TMJ). TMJ biasanya terjadi, karena sering menggeretakkan gigi saat tidur. “Ini merupakan latihan untuk mencoba mengendurkan otot-otot yang biasa digunakan untuk mengunyah dan bagian yang mengalami disfungsi TMJ,” kata Jane.(Baca juga: Terapi migrain, bisa sendiri bisa dengan dokter

Kita tahu, rahang merupakan salah satu sendi kompleks dalam tubuh. Ketika ada masalah fungsi sendi di rahang, bisa menyebabkan TMJ. Biasanya, disertai dengan nyeri sendi. Jika dibiarkan, khawatir rahang akan menjadi kaku dan sulit kembali seperti semula.

Sebuah penelitian sebelumnya pernah mengaitkan sakit kepala dengan adanya tekanan pada leher. Menurut para ahli yang terlibat dalam penelitian itu, 80% sakit kepala tipe tegang disebabkan oleh masalah otot leher. Nyeri pada otot leher sering kali disebabkan, karena salah postur saat duduk. Misalnya, leher yang sering menunduk karena menatap layar komputer yang lebih rendah.(Baca juga: Enam gejala yang sering dialami penderita migrain

Julie Sugrue, seorang fisioterapis mengungkapkan, di daerah kepala dan leher terdapat 36 kelompok otot. Sebanyak 20 otot di antaranya terbukti dapat menyebabkan sakit kepala. Sejumlah otot tersebut biasa digunakan untuk menggerakkan kepala, makan, bicara, ekspresi wajah, dan menjaga postur tubuh.