Find Us On Social Media :

Keberhasilan Luar Biasa dari Rekayasa Sel Darah Putih untuk Menyerang Sel Kanker

By Ade Sulaeman, Rabu, 17 Februari 2016 | 15:40 WIB

Keberhasilan Luar Biasa dari Rekayasa Sel Darah Putih untuk Menyerang Sel Kanker

Intisari-Online.com - Sekelompok ilmuwan mengklaim keberhasilan ‘luar biasa’ dari rekayasa sel darah putih untuk menyerang sel kanker.

Dalam sebuah studi, 94 persen dari peserta yang menderita leukemia limfoblastik akut (ALL) mengatakan gejala penyakit mereka menghilang sepenuhnya setelah mereka diobati dengan sel darah putih yang sudah dimodifikasi, yang dikenal sebagai T-sel.

Dalam studi lain, 80 persen pasien dengan limfoma non-Hodgkin merespon positif terhadap pengobatan, sementara lebih dari setengah pasien akhirnya terbebas dari gejala penyakit mereka.(Baca juga: Hati-hati dengan Gejala Kanker Kulit Berikut Ini!

"Ini luar biasa," kata pemimpin penelitian Profesor Stanley Riddell dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle. "Ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam pengobatan, untuk mendapatkan tingkat respon dalam kisaran sejauh ini."

Perawatan melibatkan pengapusan T-sel dari pasien, penandaan mereka dengan "reseptor" molekul yang akan menyerang sel kanker, dan menempatkan mereka kembali ke dalam tubuh dalam infusion.

Molekul yang ditargetkan, yang dikenal sebagai chimeric antigen rescptor atau Cars, berasal dari pengembangbiakan khusus dari tikus yang direkayasa secara genetik.(Baca juga: 7 Tanda Kanker yang Sering Diabaikan Banyak Orang

Setelah melekat pada T-sel, mereka mengurangi kemampuan kanker untuk melindungi diri dari sistem kekebalan alami tubuh.

Pemrograman ulang dari sistem kekebalan tubuh sering dianggap sebagai pilihan terakhir karena efek samping yang berbahaya.

Para peneliti mencatat bahwa tujuh dari pasien ALL memerlukan perawatan intensif setelah mengalami reaksi kekebalan yang disebut sindrom pelepasan sitokin (SCR). Dua pasien meninggal.

Riddell sendiri mengatakan bahwa lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan saat ini masih belum jelas berapa lama pasien terbebas dari gejala-gejala kanker.

“Seperti kemoterapi dan radioterapi, tidak akan pengobatan yang menyelamatkan semuanya,” kata Riddell, menambahkan, "Saya pikir immunotherapy akhirnya berhasil sampai ke pilar terapi kanker.”

Riddell juga mengatakan ia berharap untuk mencoba terapi pada pasien yang menderita kanker dengan tumor ganas, tapi mengatakan mereka akan memberikan tantangan.

(foxnews.com)