Find Us On Social Media :

Ingat, Menyembuhkan Kanker Tak Cukup dengan Pengobatan Alternatif

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 19 Februari 2016 | 09:00 WIB

Ingat, Menyembuhkan Kanker Tak Cukup dengan Pengobatan Alternatif

Intisari-Online.com - Menyembuhkan kanker tak cukup dengan pengobatan alternatif saja. Melawan kanker juga membutuhkan pengobatan integratif yang memosisikan manusia sebagai seutuhnya. Tak hanya fisik, pengobatan ini meliputi gaya hidup, nutrisi, pengelolaan emosi, paradigma, dan lain sebagainya.

“Sebagian besar pasien kanker yang datang ke klinik saya punya masalah emosi,” ujar Dr Paulus W. Halim, praktisi radiaestesi medik dan pengobatan integratif.

Operasi, radioterapi, kemoterapi, dan terapi-terapi medis lainnya amat dibutuhkan dan sebaiknya dipilih sebagai pengobatan utama untuk mengatasi masalah fisik karena kanker. Sementara itu terapi komplementer seperti chikung, yoga, prana, reiki, akupuntur, herbal, terapi doa, terapi musik bisa diikuti pasien kanker untuk membantu mempercepat kesembuhan.(Baca juga: Kisah dokter spesialis kanker anak yang menghabiskan hidupnya untuk penderita kanker

“Jamu-jamu tertentu dapat membantu pasien kanker mengatasi efek negatif kemoterapi. Bahkan herbal tertentu bisa mengatasi kanker payudara yang membusuk dan mengeluarkan bau menusuk," papar dokter yang berpraktik di bilangan BSD City, Tangerang Selatan itu.

Berdoa secara tulus dan sungguh-sungguh juga menentukan kemenangan peperangan melawan kanker. "Doa yang kita ucapkan merupakan untaian energi positif. Meditasi dan doa yang diulang-ulang itu memberikan vibrasi energi positif yang membantu menyembuhkan tubuh kita," imbuhnya.(Baca juga: Penderita kanker payudara juga bisa menyesui

Ia juga menyarankan kita untuk tidak terus menerus menggunakan peralatan elektronik. "Alat-alat elektronik itu mengeluarkan radiasi yang berbahaya. Untuk orang yang sensitif, radiasi itu terasa panas," katanya. Sebaiknya ketika tidur, peralatan elektronik seperti ponsel dijauhkan dari tubuh.