Find Us On Social Media :

7 Solusi Rumahan untuk Mengatasi Masalah Sering Buang Air Kecil

By Monalisa Darwin D, Minggu, 21 Februari 2016 | 07:00 WIB

7 Solusi Rumahan untuk Mengatasi Masalah Sering Buang Air Kecil

Intisari-Online.com - Salah satu hal yang paling menyebalkan adalah terlalu seringnya buang air kecil. Normalnya, seseorang buang air kecil setidaknya 8-10 kali sehari, jika lebih dari itu maka bisa berarti ada masalah kesehatan yang mendasarinya. Untuk itu, kita dapat mencoba 7 solusi rumahan untuk mengatasi masalah sering buang air kecil berikut:

1. Hati-hati dengan menu makanan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan iritasi pada lapisan kandung kemih dan pada gilirannya akan memengaruhi fungsi. Coklat, makanan pedas, dan kafein terbukti memiliki efek pada kandung kemih, sehingga kita harus membatasi asupan mereka. Pastikan pula untuk mengonsumsi jumlah serat yang tinggi karena akan terjadi sembelit yang disebabkan kandung kemih terlalu aktif.

2. Asupan cairan

Adalah penting untuk minum 8-10 gelas air setiap harinya, namun jangan sampai berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan seringnya buang air kecil. Pilihan minuman juga harus tepat, hindari minuman soda, kopi, teh, dan alkohol.

3. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt segar setiap hari dapat membantu menghindari seringnya buang air kecil, karena yoghurt mengandung sifat antibakteri yang membantu mencegah adanya bakteri serta melawan infeksi.

4. Olahraga kegel

Olahraga atau senam kegel akan membantu menyembuhkan masalah seringnya buang air kecil. Duduk dengan posisi berlutut dan mengencangkan otot-otot panggul. Tarik otot dalam hitungan ketiga dan tahan selama tiga detik, kemudian kendurkan otot-otot. Lakukan beberapa kali, selain menguatkan otot panggul, ini juga baik untuk kandung kemih.

5. Mengonsumsi jus kranberi dan kemangi

Jus kranberi yang dikonsumsi rutin dapat membantu melawan infeksi, terutama infeksi saluran kemih. Jus kemangi juga dapat menjadi pilihan, campurkan kemangi dengan madu. Konsumsi jus kemangi dalam keadaan perut kosong.

6. Mengonsumsi kacang kekara atau kacang kratok