Find Us On Social Media :

Ingin Kembalikan Nafsu Makan? Ikuti 6 Tips Berikut!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 21 Februari 2016 | 13:30 WIB

Ingin Kembalikan Nafsu Makan? Ikuti 6 Tips Berikut!

Intisari-Online.com - Jika kita merasa tidak lapar atau tidak memiliki nafsu makan, berarti ada sesuatu yang salah dalam tubuh. Hilangnya nafsu makan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya karena stres, bersedih, depresi, atau karena diet yang buruk dalam waktu yang lama. Untuk mengembalikan nafsu makan, ikuti 6 tips berikut ini, yuk!

1. Tambahkan banyak sayuran pahit ke dalam menu makanan

Ada banyak sayuran pahit yang dapat menjadi pilihan. Terlepas dari sayuran yang memiliki banyak nutrisi, mereka ternyata juga dapat merangsang rasa lapar.

2. Berolahraga sebelum makan

Berlari atau jogging sebelum waktunya makan dapat menjadi cara untuk membakar banyak energi dan kalori di dalam tubuh, sehingga akan memunculkan rasa lapar. Ketika tubuh aktif, maka akan memberikan nafsu makan yang sehat.

3. Makan jahe

Jahe memiliki banyak sifat obat dan salah satunya adalah menambah nafsu makan. Jika hilangnya nafsu makan karena perut kembung, kita harus memakan sedikit jahe dengan garam kemudian meminum air.

4. Makan cabe rawit

Tidak hanya sebagai rempah-rempah dalam hidangan, cabe rawit juga dapat membantu pencernaan. Menambahkan cabe rawit ke dalam makanan kita akan membuat kita makan lebih banyak dari sebelumnya.

5. Atasi stres

Temukan akar penyebab hilangnya nafsu makan. Jika stres, misalnya terkait dengan keluarga atau pekerjaan, cobalah untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang tepat agar tidak stres atau sedih.

6. Yoga dan meditasi

Pose tertentu dalam yoga dan meditasi dikenal dapat membantu masalah pencernaan serta meningkatkan nafsu makan. Kegiatan ini tidak terlalu sulit, karena dapat dilakukan di rumah sendiri.

Jangan biarkan nafsu makan hilang, karena akan merusak tubuh dan kesehatan. Dengan cara yang sehat, ayo kembalikan nafsu makan dengan tips di atas!