Find Us On Social Media :

Bagaimana Mengobati Memar dengan Cara yang Tepat?

By Monalisa Darwin D, Rabu, 9 Maret 2016 | 14:30 WIB

Bagaimana Mengobati Memar dengan Cara yang Tepat?

Intisari-Online.com - Memar biasanya diakibatkan karena jatuh atau kecelakaan. Adalah penting untuk mengobati memar dengan cara yang tepat agar tidak menjadi masalah komplikasi lanjutan. Memar biasanya terjadi ketika pembuluh darah robek dan darah bocor keluar dari jaringan yang berdekatan. Memar akan mengakibatkan perubahan warna kulit dan ini harus diobati dengan pengobatan efektif agar membantu meminimalkan rasa sakit.

Pertolongan pertama pada memar yang dapat kita lakukan adalah menggunakan es batu. Gosok pelan es batu yang dilapisi haduk atau kain tipis pada daerah yang memar. Tahan dan biarkan pula es batu pada daerah memar setidaknya 15 menit. Es akan mencegah memar menyebar ke daerah sekitar.

Namun, jangan terlalu berlebihan menggunakan terapi ini karena justru akan membuat kulit kedinginan karena embun dari es. Jika daerah memar terbilang besar, jika diperlukan kita bisa membungkus daerah tersebut dan menerapkan tekanan yang cukup, sehingga aliran darah ke daerah ini akan terbatas.

Pengobatan selanjutnya adalah jika terasa sakit atau nyeri yang cukup besar, kita harus menggunakan obat penghilang rasa sakit atau salep untuk mendapatkan bantuan. Acetaminophen mungkin menjadi pilihan yang baik, karena akan bertingak sebagai pereda nyeri serta mencegah penggumpalan.

Selain itu, vitamin K juga berfungsi baik memudahkan penyerapan darah oleh tubuh, karena aliran darah terbatas pada tubuh akan membantu meminimalkan ukuran memar. Ada beberapa salep yang dijual yang mengandung vitamin K.

Setelah tiga hari, letakkan kain yang direndam air hangat pada daerah memar secara beberapa kali dalam satu hari. Hal ini akan membantu mempercepat penyembuhan. Makanan yang mengandung vitamin P, seperti brokoli, paprika hijau, atau lemon juga akan mempercepat proses penyembuhan.

Bila memar tidak sembuh juga hingga dua minggu, sebaiknya segera pergi ke dokter karena mungkin ada sesuatu yang lebih serius.

Nah, itulah bagaimana mengobati memar dengan cara yang tepat. (magforwomen.com)