Find Us On Social Media :

Lakukan Lima Langkah Ini Agar Tidur Lebih Nyenyak

By Lintang Bestari, Sabtu, 12 Maret 2016 | 12:00 WIB

Lakukan Lima Langkah Ini Agar Tidur Lebih Nyenyak

Intisari-Online.com - Pernah merasa susah tidur? Mungkin Anda stres karena pekerjaan, urusan keluarga, atau penyakit. Jangan biarkan masalah itu terus-terusan mengganggu tidur Anda. Sebaiknya, mulai adopsi kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat tidur lebih cepat. Inilah lima langkah simpel agar tidur lebih nyenyak:

Membuat jadwal tidurCobalah tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Memiliki jam tidur yang konsisten membantu tubuh untuk menyesuaikan siklus. Dengan begitu, jam tidur Anda pun tidak berkurang.

Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsiJangan berencana untuk tidur jika Anda sedang lapar atau kekenyangan. Ketidaknyamanan itu bisa membuat Anda terbangun nantinya. Batasi juga jumlah air yang diminum sebelum tidur agar Anda tidak ingin ke toilet pada tengah malam. Selain itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein. Menurut panduan para ahli dari Mayo Clinic, kafein memiliki sifat diuretik sehingga meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil.

Ciptakan ritual sebelum tidurLakukan hal yang sama sebelum tidur setiap hari sebagai penanda tubuh butuh istirahat. Misalnya, mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan. Kegiatan santai bisa membantu memberikan tidur yang lebih nyenyak karena menjadi “penengah” antara kesibukan dan waktu istirahat. Hindari menonton televisi atau bermain handphone sebelum tidur. Beberapa penelitian mengatakan, alat-alat elektronik bisa mengganggu tidur Anda.

Membuat kamar yang nyamanCiptakan ruangan yang ideal untuk tidur. Misalnya, dengan mengecat kamar dengan warna yang memberikan kesan tenang dan sepi. Kasur dan bantal Anda juga berperan untuk membuat tidur lebih nyenyak. Pilihlah yang empuk dan nyaman!

Batasi waktu tidur siangTidur siang yang panjang bisa mengganggu tidur malam. Apalagi, jika Anda memiliki masalah sulit tidur. Jika Anda ingin tidur siang untuk berisitirahat, batasi waktunya. Sebaiknya, hanya 10 hingga 30 menit.

Cobalah cara-cara di atas sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak! (rd.com)