Find Us On Social Media :

6 Hal yang akan Terjadi pada Tubuh bila Kita Berhenti Makan Daging (1)

By Lila Nathania, Minggu, 13 Maret 2016 | 06:00 WIB

6 Hal yang akan Terjadi pada Tubuh bila Kita Berhenti Makan Daging (1)

Intisari-Online.com – Gaya hidup vegetarian kini kian digemari oleh sebagian orang yang peduli kesehatan atau lingkungan. Inilah enam hal yang akan terjadi pada tubuh bila kita berhenti makan daging.

1. Radang pada tubuh berkurang

Saat tubuh kita terluka atau selesai dioperasi, akan muncul reaksi radang pada organ. Bila Anda memakan daging, keju, atau makanan olahan lainnya, radang ini akan terus ada untuk waktu yang lama hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Hal ini tak akan terjadi bila Anda tak makan daging. Makanan hewani memiliki zat-zat yang menimbulkan radang pada tubuh dan terbukti berkaitan dengan serangan jantung, diabetes, stroke, dan sebagainya. Berbeda dengan orang yang tidak makan daging dan makanannya penuh dengan serat serta antioksidan.

2. Kolesterol turun

Kolesterol tinggi jelas tak akan dimiliki oleh seorang vegetarian. Lemak jenuh sebagian besar berada pada daging, keju, dan makanan hewani lainnya. Menurut hasil studi, orang yang tidak makan daging kolesterol rata-ratanya lebih rendah 35% dari mereka yang makan daging. Belum lagi, orang yang tidak makan daging biasanya mengonsumsi banyak serat. Serat ini sangat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol.

3. Sistem kerja gen berubah

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang tidak makan daging sistem kerja gen dan selnya berubah. Orang yang banyak makan sayur kromosom DNA tubuhnya lebih stabil sehingga sel dan jaringan dalam tubuh selalu muda. Orang yang sel dan jaringannya selalu muda selalu terlihat awet muda secara penampilan dan memiliki umur lebih panjang. Efek perubahan sistem kerja gen ini juga terkait dengan penurunan risiko terkena penyakit kanker.

Itulah tiga hal yang akan terjadi pada tubuh bila kita berhenti makan daging.

(inourishgently.com)