Find Us On Social Media :

'Multitasking' Membuat Otak Menyusut

By Okke Nuraini Oscar, Senin, 14 Maret 2016 | 09:00 WIB

'Multitasking' Membuat Otak Menyusut

Intisari-Online.com - Melakukan sesuatu secara bersamaan nyatanya dapat membuat otak menyusut sekaligus ancaman bagi karir Anda. Bagaimana bisa? Jika Anda terbiasa dengan mengirim teks dari ponsel, mendengarkan radio dan mengerjakan pekerjaan pada laptop Anda, materi abu-abu (grey matter) dalam otak berkurang.

Materi abu atau grey matter adalah bagian dalam otak yang berfungsi sebagai yang memproses informasi. Peneliti dari University of Sussex mengatakan apabila kita menggunakan ponsel, laptop dan perangkat media lainnya secara bersamaan bisa mengubah struktur otak kita.

Selain untuk memproses informasi, grey matter yang menyusut dalam otak faktanya juga terlibat dalam pengolahan emosi. Pada sebuah studi sebelumnya bahkan menunjukkan bahwa orang-orang yang terbiasa multitasking menyebabkan kurang perhatian terkait dengan masalah emosional seperti depresi dan kecemasan.  

Para peneliti mulai dengan meminta 75 pria dan wanita seberapa sering mereka melakukan pekerjaan secara bersamaan dengan berbagai jenis teknologi. Ini bisa berarti mengirim pesan teks sambil mendengarkan musik dan memeriksa email, atau berbicara di telepon sambil menonton TV dan berselancar web.  Para relawan kemudian diberi scan otak yang menunjukkan hasil bahwa materi abu-abu (grey matter)mereka menyusut dan berkurang di wilayah yang disebut anterior cingulate cortex (ACC). “Media multitasking menjadi lebih umum dalam kehidupan kita hari ini dan ada peningkatan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kognisi dan kesejahteraan  secara sosial dan emosional” kata peneliti Kep Kee Lo. Dia menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan bahwa orang-orang yang terbiasa multitasking  lebih tertarik untuk menggunakan banyak perangkat secara bersamaan.

(Fiona Macrae/ Dailymail)