Find Us On Social Media :

Stroke Trombotik, Gejala dan Cara Mencegahnya

By Moh Habib Asyhad, Senin, 14 Maret 2016 | 09:30 WIB

Stroke Trombotik, Gejala dan Cara Mencegahnya

Intisari-Online.com - Bagi sebagian orang, istilah stroke trombotik mungkin masih terdengar asing. Stroke trombotik adalah penyumbatan aliran darah yang terjadi akibat pembekuan darah di dalam salah satu arteri otak.(Baca juga: Air kencing untuk mengobati stroke

Stroke trombotik dapat memengaruhi pembuluh darah besar atau kecil. Stroke yang memengaruhi pembuluh darah besar akan mengakibatkan sumbatan yang besar, dan luasan area otak yang terpengaruh juga besar. Stroke yang seperti ini dapat mengakibatkan kelumpuhan. Sementara pada pembuluh darah kecil, gejala yang ditimbulkan tidak sebesar jika stroke menyerang pembuluh darah besar. Pasalnya, bagian otak yang terpengaruh juga tidak terlalu besar.

Migran adalah salah satu penyebab stroke trombotik. Dalam kasus yang parah, sakit kepala migrain dapat menyebabkan arteri otak umenjadi kejang untuk waktu yang lama. Hal ini dapat membentuk pembekuan darah di otak.

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko stroke trombotik adalah:

1. Faktor keturunan

2. Diabetes

3. Tekanan darah tinggi

4. Kadar Kolesterol tinggi

5. Kebiasaan merokok

Gejala stroke trombotik bervariasi, tergantung area otak yang mana yang terpengaruh. Gejala paling umum meliputi sakit kepala, kebingungan, lemah otot separuh tubuh, mati rasa di beberapa bagian anggota tubuh yang datang secara tiba-tiba, kehilangan keseimbangan, rabun atau kehilangan kemampuan melihat, dan kesulitan berjalan atau berbicara.

Gejala dapat mereda atau tetap atau bisa juga semakin buruk dalam hitungan jam atau hari.

Bisa dihindari