Find Us On Social Media :

18 Trik Menakjubkan Tubuh Manusia (1): Atasi Tenggorokan Gatal dengan Menggaruk Telinga

By Ade Sulaeman, Rabu, 16 Maret 2016 | 14:00 WIB

18 Trik Menakjubkan Tubuh Manusia (1): Atasi Tenggorokan Gatal dengan Menggaruk Telinga

Intisari-Online.com - Ketika kita masih anak-anak, kita akan mudah terkesima saat menemukan ‘keajaiban’ tubuh seperti timbulnya bunyi saat telapak tangan diletakan di ketiak. Siapa sangka, saat dewasa, kita akan kembali terkesima oleh keajaiban dari 18 trik menakjubkan tubuh manusia berikut ini:

1. Tenggorokan gatal? Garuklah telinga!

Merasa gatal di tenggorokan namun bingung cara untuk menggaruknya? Tak usah pusing, garuk saja telinga Anda.

“Jika saraf telinga distimulasi, maka hal tersebut akan menciptakan reflek di tenggorokan yang mampu menghasilkan kejang otot. Nah, kejang inilah yang bisa menghilangkan rasa gatal,” ujar Scott Schaffer, presiden pusat THT di Gibbsboro, New Jersey.

2. Merasakan pendengaran supersonik

Pernah kesulitan untuk mendengarkan obrolan di tengah keramaian? Coba condongkan tubuh dengan telinga kanan menghadap lawan bicara. Menurut para peneliti dari UCLA David Geffen School of Medicine, telinga kanan lebih mampu mengikuti irama yang cepat.

Sedangkan telinga kiri akan lebih baik dalam memilah nada musik. Sehingga berguna saat kita mencoba mengidentifikasi sebuah lagu yang dimainkan di dalam elevator.

3. Kebelet buang air kecil? Bayangkan hubungan seks!

Kebelet untuk buang air kecil namun kamar mandi penuh? Cobalah membayangkan sedang berhubungan seks. Hal ini, menurut Larry Lipshultz kepala pengobatan reproduksi pria di Baylor College of Medicine, akan membantu menyibukkan otak kita, sehingga sedikit lupa bahwa sedang kebelet.(Baca juga: Tidur Itu Ajaib, Bisa Tetap Kentut dan Terangsang

4. Kebal akan rasa sakit

Peneliti Jerman menemukan bahwa batuk saat disuntik dapat mengurangi rasa sakit dari jarum suntik. Menurut Taras Usichenko, penulis studi tentang fenomena ini, trik tersebut menyebabkan kenaikan sementara pada tekanan kanal dada dan tulang belakang. Kondisi ini dapat menahan struktur sakit pada sumsum tulang belakang.

5. Singkirkan sinus dengan lidah