Find Us On Social Media :

18 Trik Menakjubkan Tubuh Manusia (2): Sembuhkan Sakit Gigi Tanpa Buka Mulut

By Ade Sulaeman, Rabu, 16 Maret 2016 | 14:30 WIB

18 Trik Menakjubkan Tubuh Manusia (2): Sembuhkan Sakit Gigi Tanpa Buka Mulut

Intisari-Online.com - Ketika kita masih anak-anak, kita akan mudah terkesima saat menemukan ‘keajaiban’ tubuh seperti timbulnya bunyi saat telapak tangan diletakan di ketiak. Siapa sangka, saat dewasa, kita akan kembali terkesima oleh keajaiban dari 18 trik menakjubkan tubuh manusia berikut ini:

6. Menyembuhkan sakit gigi tanpa buka mulut!

Gosokkan es di bagian belakang telapak tangan, di daerah berbentuk huruf V antara jempol dan jari telunjuk. Sebuah studi di Kanada menemukan bahwa teknik ini mengurangi rasa sakit gigi sebanyak 50 persen dibandingkan dengan tidak menggunakan es. Alur saraf di daerah V tersebut menstimulasi daerah otak dan mencegah sinyal rasa sakit ke wajah dan tangan.(Baca jug: 18 Trik Menakjubkan Tubuh Manusia (1): Atasi Tenggorokan Gatal dengan Menggaruk Telinga

7. Hilangkan luka bakar

Ketika Anda tanpa sengaja menghanguskan jari Anda di atas kompor, bersihkan kulit dan menerapkan tekanan ringan dengan ujung jari lain yang tidak terluka. Es akan mengurangi rasa sakit Anda lebih cepat, Dr. DeStefano mengatakan, namun karena hukum alam akan mengembalikan kulit yang terbakar ke suhu normal, kulit akan sedikit melepuh.

8. Hentikan dunia dari berputar!

Sedang merasa pusing? Coba lakukan cara mudah ini: Letakkan tangan Anda pada sesuatu yang stabil. Bagian telinga yang mengatur keseimbangan-cupula-mengapung dalam cairan dengan densitas yang sama seperti darah.

"Saat alkohol mengencerkan darah di cupula, cupula menjadi kurang padat dan naik" kata Dr. Schaffer. Ini membingungkan otak Anda. Taktil dari objek yang stabil memberikan otak opini kedua, dan membuat Anda merasa lebih seimbang. Karena saraf di tangan sangat sensitif, ini bekerja lebih baik daripada kebijaksanaan konvensional untuk meletakan kaki di atas lantai.(Baca juga: Tidur Itu Ajaib, Bisa Tetap Kentut dan Terangsang

9. Hentikan mimisan dengan satu jari!

Mencubit hidung dan bersandar adalah cara yang bagus untuk menghentikan mimisan-jika Anda tidak keberatan tersedak. Sebuah pendekatan yang lebih sipil: Letakkan kapas di gusi-hanya bagian atas belakang yang penyok kecil di bawah hidung Anda -dan tekan sekuat-kuatnya.

"Kebanyakan pendarahan datang dari depan septum, dinding tulang rawan yang memisahkan hidung," kata Peter Desmarais, ahli THT pada Rumah Sakit Entabeni, di Durban, Afrika Selatan. "Penekanan di sini bisa membantu menghentikan mereka."

10. Menenangkan jantung!

Mencoba untuk memadamkan kegelisahan kencan pertama? Tiup ibu jari Anda. Saraf vagus, bertugas mengendalikan detak jantung, bisa dikontrol melalui nafas, kata Ben Abo, sebuah medis-layanan spesialis darurat di University of Pittsburgh. Ini bisa membuat detak jantung kembali normal.

(Men’sHealth)