Find Us On Social Media :

5 Solusi Rumahan untuk Menghilangkan Ketombe

By Monalisa Darwin D, Minggu, 20 Maret 2016 | 10:30 WIB

5 Solusi Rumahan untuk Menghilangkan Ketombe

Intisari-Online.com - Ketombe menjadi masalah umum yang dihadapi banyak orang. Ada banyak penyebab ketombe, seperti kekurangan vitamin B ataupun perawatan rambut yang tidak tepat. Meski banyak produk yang menawarkan pengobatan ketombe, namun pengobatan rumahan masih dianggap yang terbaik. Inilah 5 solusi rumahan untuk menghilangkan ketombe yang harus dicoba:

1. Lemon

Lemon terbukti menjadi obat terbaik menyingkirkan ketombe. Ambil 3-4 kulit lemon dan dididihkan dalam 4-5 cangkir air selama 15-20 menit. Setelahnya cuci rambut dengan air tersebut dan lakukan sekali seminggu. Selain itu juga, kita dapat menggunakan air perasan lemon segar dan menerapkannya ke kulit kepala sambil dipijat secara menyeluruh sebelumnya keramas hingga bersih.

2. Minyak kelapa

Selain menghaluskan rambut, minyak kelapa yang dipijat ke kepala juga dapat membantu menghilangkan ketombe. Namun, jangan terlalu sering menggunakannya karena justru akan melonggarkan akar rambut. Terapkan 4-5 sendok makan minyak kelapa hangat ke kulit kepala dan pijat menyeluruh.

3. Yoghurt

Yoghurt yang dibiarkan fermentasi selama 2-3 hari dapat diterapkan ke rambut dan biarkan beberapa saat. Jangan sampai membiarkannya terlalu lama karena justru akan membuat rambut keras dan lengket. Segera cuci rambut hingga bersih setelahnya.

4. Lidah buaya

Terapkan gel pada lidah buaya ke kulit kepala. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas rambut hingga bersih. Ulangi setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

5. Mayonais atau telur

Jika ingin menggunakan mayonais, gunakan pada rambut kering dengan menggosokkannya ke seluruh bagian rambut. Selanjutnya bilas hingga bersih. Jika menggunakan telur, terapkan pada rambut yang basah. Dua telur dicampur dengan dua sendok makan air, lalu oles ke kepala dan biarkan selama 15 menit sebelum akhirnya membilas rambut.

Itu dia 5 solusi rumahan untuk menghilangkan ketombe. Yang penting adalah, mencegah lebih baik daripada mengobati, sehingga kita harus selalu memiliki pola makan serta gaya hidup yang sehat. (magforwomen.com)