Find Us On Social Media :

Ini Dia 10 Rahasia Menghadapi Penuaan Secara Sehat! (1)

By Monalisa Darwin D, Rabu, 13 April 2016 | 08:30 WIB

Ini Dia 10 Rahasia Menghadapi Penuaan Secara Sehat! (1)

Intisari-Online.com - Penuaan memang akan dihadapi setiap orang. Namun, kita harus menjaga dan mengambil tindakan pencegahan secara sehat, baik fisik maupun mental. Dengan demikian, kesehatan kita juga akan selalu terjaga sepanjang hari. Nah, ini dia 10 rahasia menghadapi penuaan secara sehat!

1. Kebiasaan makan sehat

Pola makan serta asupan yang sehat harus menjadi kebiasaan sehari-hari. Tingkat vitamin serta kalium yang masuk ke dalam tubuh harus sesuai dengan kebutuhan. Sayuran berdaun hijau dan buah-buahan selalu menjadi pilihan makanan yang tepat untuk membangun daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan. Seseorang yang menghadapi penuaan dan memiliki pola makan yang sehat, cenderung memiliki otot tubuh yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

2. Aktif fisik dan mental

Meluangkan waktu setiap hari atau rutin berolahraga, seperti joging, jalan cepat, yoga, dan aerobik, menjadi cara sederhana untuk membuat tubuh aktif. Hasilnya juga akan membuat kita terlihat lebih muda. Untuk aktif secara mental, kita bisa mengisi teka-teki silang, Sudoku, dan lainnya. Ini akan menjadikan kekuatan otak meningkat meski usia sudah menua. Semakin aktif, maka kita akan semakin baik dalam menjalani hidup.

3. Pandangan yang positif

Seseorang yang selalu memiliki pandangan positif, ceria, dan optimis akan memengaruhi usia yang bertambah, namun selalu sehat. Selalu positif juga akan menyebabkan seseorang lebih puas menikmati hidup serta kesehatannya akan lebih baik. Orang-orang positif juga akan jauh dari depresi, stres, dan lainnya. Mengembangkan hobi, membaca buku ringan, dan melakukan sesuatu yang disukai akan membuat kita lebih bahagia dan berpikir positif pula.

4. Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman

Kehidupan sosial yang baik akan memengaruhi tubuh, salah satunya adalah kita merasa lebih muda. Bergabung dalam kelompok atau kegiatan acara yang menyenangkan dapat membantu kita lebih bahagia dan sehat. Carilah juga teman yang positif di lingkungan, sehingga memengaruhi hal positif juga. Termasuk bagi kita yang tinggal jauh dari keluarga, itu bukan berarti kita tidak menghubungi mereka. Melalui telepon atau internet sekarang semua bisa dilakukan.

5. Belajar sesuatu yang baru

Usia berapa pun kita, selalu ada hal baru yang bisa dipelajari. Apapun yang membuat kita penasaran dan ingin diketahui, kita bisa bergabung dengan kelompok atau komunitas yang ada, mislanya musik, olahraga, dan otomotif. Dengan belajar sesuatu yang baru, akan membuat kita semakin aktif pula.