Find Us On Social Media :

5 Alasan Terbaik Kita Harus Hidup Bebas Gluten

By Monalisa Darwin D, Jumat, 15 April 2016 | 09:30 WIB

5 Alasan Terbaik Kita Harus Hidup Bebas Gluten

Intisari-Online.com - Gluten atau zat perekat merupakan protein yang sulit dicerna manusia. Bahkan ia bisa membuat beberapa orang sakit dan alergi. Sebagian orang sensitif terhadap gluten, namun tidak menyadarinya. Adalah cara yang bijak untuk bebas dari gluten dalam kondisi seperti itu. Dan, berikut ini adalah 5 alasan terbaik untuk bebas gluten:

1. Menjernihkan otak

Studi membuktikan bahwa untuk mendapatkan otak dan tubuh yang baik adalah dengan mengikuti diet bebas gluten. Seseorang yang alergi terhadap gluten, mengalami gangguan neurologis, termasuk fungsi memori yang buruk, sakit kepala, dan otak yang “tidak jernih”. Ini kemudian memengaru protein otak untuk fungsi kognitif yang normal.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Gluten akan memicu sekresi protein bernama zonulin, yang mengontrol penyerapan usus. Jika produksi zonulin meningkat, maka dinding usus pecah dan menyebabkan protein masuk ke aliran darah. Ini kemudian menjadi ancaman besar bagi sistem kekebalan tubuh.

3. Menghindari lemak di perut

Intoleransi gluten akan menyebabkan peradangan usus, yang akhirnya menyebabkan produksi kortisol berlebih. Proses ini menyebabkan masalah seperti kenaikan berat badan, kembung, kelelahan, serta perubahan suasana hati. Umumnya, wanita lebih berisiko memiliki intoleransi gluten daripada pria.

4. Mengatasi jerawat pada kulit

Masalah jerawat yang tak kunjung sembuh mungkin menjadi tanda bahwa kita mengalami alergi gluten, dimana ini dapat ditemukan dalam banyak makanan yang sering kita jumpai, seperti pizza, saus, salad, dan roti. Gluten akan merangsang sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan, sehingga mengakibatkan jerawat, eksim, infeksi kulit, dan sebagaiya.

5. Membuat kita bugar dan bebas beraktivitas

Ketika mengalami masalah akibat gluten, seperti kelebihan berat badan, lemak di perut, dan lainnya, maka akan menghambat kegiatan yang kita inginkan. Dengan bebas dari gluten, maka kita bebas melakukan aktivitas yang kita sukai dan tentunya menjadikan kita lebih bugar.

Itulah 5 alasan terbaik untuk bebas gluten. Apakah Anda siap menghindari gluten? (magforwomen.com)