Find Us On Social Media :

5 Tips Menyembuhkan Infeksi Jamur

By Monalisa Darwin D, Selasa, 19 April 2016 | 06:00 WIB

5 Tips Menyembuhkan Infeksi Jamur

Intisari-Online.com - Memiliki infeksi jamur dapat menimbulkan kerugian, baik fisik maupuan emosional. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengatasi masalah ini dan berikut adalah 5 tips menyembuhkan infeksi jamur yang mungkin bisa dicoba:

1. Tetap kering

Jamur atau ragi akan tumbuh pada daerah yang lembab. Pakaian yang membuat tubuh hangat dan lembab akan membuat jamur berkembang. Jadi, pilihlah pakaian dari katun yang memungkin tubuh untuk bernapas dan membantu menyerap kelembaban. Hindari pula penggunaan celana jeans yang ketat, karena akan menaikkan suhu tubuh dan tingkat kelembaban.

2. Kebersihan adalah prioritas

Hal ini penting untuk menjadi rutinitas agar mencegah dan menyembuhkan infeksi jamur. Ubah pakaian secara teratur dan selalu memakain pakaian yang bersih dan kering. Selain itu, selalu bersihkan toiler setelah menggunakannya untuk menghindari penyebaran jamur. Kebanyakan wanita mengalami infeksi jamur selama masa menstruasi, jadi pastikan untuk sesering mungkin mengganti pembalut, paling tidak 4-6 jam sekali.

3. Hindari hubungan seks

Jika sedang mengalami infeksi jamur, maka dianjurkan untuk tidak berhubungan seks sementara. Jika tidak, kemungkinan akan menyebarkan infeksi ke pasangan dan menyebabkan ketidaknyamanan.

4. Hindari wewangian

Jika Anda menggunakan wewangian di daerah yang sedang mengalami infeksi jamur, seperti daerah vital, selangkangan, dan lainnya, maka sebaiknya hindari penggunaan tersebut. Karena hal ini justru akan menyebabkan masalah yang lebih serius. Sabun wangi dan pembalut beraroma juga akan menyebabkan masalah yang sama.

5. Periksa kebiasaan makan

Tips menyembuhkan infeksi jamur yang terakhir adalah terkait dengan asupan. Sejumlah makanan ada yang menyebabkan jamur. Gula dan makanan olahan adalah sebagian dari beberapa makanan yang dapat menyebabkan masalah infeksi jamur. Jadi, cobalah untuk menghindari makanan tersebut. (magforwomen.com)