Find Us On Social Media :

Ini Dia 7 Tips Olahraga Bagi Pemula (1)

By Monalisa Darwin D, Kamis, 21 April 2016 | 06:00 WIB

Ini Dia 7 Tips Olahraga Bagi Pemula (1)

Intisari-Online.com - Memulai berolahraga tidak semudah atau sesederhana yang dibayangkan. Bukan sekadar pergi ke tempat gym dan menghabiskan waktu di salah satu alat atau mesin di sana. Jika benar-benar ingin mendapatkan hasil yang baik, maka ada metode yang harus dilakukan dengan rutin. Nah, ini dia 7 tips olahraga bagi pemula:

1. Selalu pemanasan sebelum berolahraga

Terlepas dari jenis olahraga, misalnya aerobic, olahraga kardio, olahraga kekuatan, dan lainnya, yang harus dilakukan adalah pemanasan. Pemanasan melibatkan peregangan tubuh dan mendapatkan otot untuk siap berolahraga. Meregangkan lengan, kaki, tubuh bagian atas, dan menekuk lutut akan memompa darah dalam tubuh sebelum benar-benar masuk dalam olahraga utama yang dipilih.

2. Menggunakan peralatan olahraga yang tepat

Peralatan olahraga yang tepat adalah penting. Hal ini akan memastikan kita tetap nyaman dan aman selama berolahraga apalagi secara rutin. Tinggalkan semua aksesoris fashion yang dapat menyebabkan cedera. Gunakan sepatu olahraga yang sesuai pada lantai, mengenakan pakaian dalam yang mendukung, dan hindari penggunaan pakaian sintesis atau yang tidak menyerap keringat, dan pilihlah ikat kepala jika keringat berlebihan mengganggu selama olahraga.

3. Jangan memaksakan diri

Banyak ahli yang menyarankan pemula yang ingin berolahraga jangan terlalu dipaksa, karena tubuh tidak dapat digunakan dengan keadaan yang tiba-tiba dan memerlukan cukup banyak tenaga. Jika mengalami kelelahan yang berlebih atau hanya setengah jalan menjalaninya dan sudah merasa lelah, berhentilah. Tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dalam meningkatkan aktivitas fisik yang baru. Apapun tanda kelelahan yang dialami, sebaiknya berhenti dan jangan memaksa diri.

4. Beri waktu istirahat yang banyak bagi tubuh

Sebagai pemula, hanya akan membuat diri terbakar, baik secara fisik maupun mental jika olahraga yang dilakukan tanpa istirahat yang cukup. Biarkan tubuh mendapat tujuh hingga delapan jam sehari. Hal ini akan memungkinkan tubuh pulih dari tenaga yang telah digunakan pada olahraga sebelumnya. Waktu tidur yang kurang akan menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap cedera otot.