Find Us On Social Media :

Dengan NIPT, Pemeriksaan Kelainan Genetika Bayi Sejak Dalam Kandungan

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 22 April 2016 | 10:00 WIB

Dengan NIPT, Pemeriksaan Kelainan Genetika Bayi Sejak Dalam Kandungan

Intisari-Online.com – Sehatkah bayi saya? Pertanyaan ini merupakan ungkapan kekhawatiran wanita hamil pada umumnya. Tak jarang, ibu hamil melakukan tindakan ultrasonografi (USG) untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan.

Perkembangan USG juga sangat pesat sekarang ini. Mulai dari USG 3 dimensi dan 4 dimensi yang menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Agar orang tua si jabang bayi dapat mengetahui dan memprediksi kondisi bayi sejak dini.

Nah, sistem pemeriksaan bayi dalam kandungan paling mutakhir kini hadir di Indonesia, khususnya di Jakarta. Namanya, Non Invansive Prenatal Testing (NIPT) Panorama, yang diluncurkan oleh Klinik Visi Scan, Jakarta. Klinik yang merupakan anak perusahaan dari Bunda Medik Healthcare System ini memberikan fasilitas NIPT yang memungkinkan orangtua bayi mendapatkan data genetik bayi dengan lebih akurat.

Melalui NIPT Panorama dilakukan screening DNA/Kromosom sehingga informasi genetika bayi yang masih berada dalam kandungan. Pemeriksaan ini bisa dilakukan untuk mendeteksi apakah ada kelainan genetik/kromosom seperti down syndrome dll, serta mengetahui jenis kelamin bayi. Bahkan pemeriksaan ini bisa dilakukan sejak usia kandungan masih sembilan minggu.

Hal ini disampaikan oleh dr.Ivan R. Sini SpOG, Direktur PT Visi Scan Indonesia dalam launching NIPT Panorama (20/4) di Cikang Resto, Jakarta. “Pemeriksaan dengan NIPT berbeda dengan USG biasa, karena kemampuannya mampu mendeteksi kelainan bayi lebih detail. Tidak hanya kromosom, kondisi tumbuh kembang bayi dalam kandungan juga dapat dilihat.” Jelas Ivan.

Klinik Visi Scan bekerja sama dengan Laboratorium Natera, Inc San Carlos, AS dalam program ini. Jadi, sampel darah yang diambil di klinik dikirimkan Lab Natera untuk dianalisa. Bahkan akurasi data NIPT disebut-sebut mencapai 90% dalam menganalisa kondisi janin dalam kandungan.

Acara launching yang dihadiri sejumlah media ini dibuka dengan sambutan dari dr.Ivan R. Sini SpOG, Direktur PT Visi Scan Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan lengkap mengenai teknologi NIPT oleh dr. Reino Ramber, SpOG, dokter spesialis obgyn klinik Visi Scan dan Camille CynCynatus, PhD, Strategic Account Manager South East Asia, Natera.