Find Us On Social Media :

Bangun Kebiasaan Tidur Sehat dengan Cara Berikut Ini!

By Monalisa Darwin D, Kamis, 21 April 2016 | 14:40 WIB

Bangun Kebiasaan Tidur Sehat dengan Cara Berikut Ini!

Intisari-Online.com - Tidur merupakan sesuatu yang sangat berharga dan berkaitan dengan kesehatan tubuh. Adalah penting untuk membangun kebiasaan tidur sehat. Kekurangan tidur dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Nah, oleh karena itu kita harus membangun kebiasaan tidur sehat dengan cara berikut ini:

1. Makan malam yang lebih awal

Makan malam yang baik adalah tiga sampai empat jam sebelum tidur. Ini akan membantu proses pencernaan di dalam tubuh sehinga tidur akan menjadi lebih baik. Hindari pula jenis minuman berkafein dan soda sebelum tidur.

2. Buat tidur sebagai prioritas

Kita harus menetapkan tidur sebagai prioritas. Tidur adalah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jangan mengorbankan jam tidur untuk bekerja. Selesaikan pekerjaan sesuai jadwalnya agar tidak mengganggu waktu tidur.

3. Olahraga

Sudah kita tahu bahwa olahraga harus dilakukan dalam keseharian kita. Paling tidak setengah jam hingga satu jam harus kita luangkan untuk sekadar mengaktifkan anggota tubuh kita dengan berolahraga. Dengan berolahraga juga akan membuat kita terasa lelah setelahnya, sehingga akan membuat kita tidur lebih awal di malam hari.

4. Luangkan waktu untuk bersantai

Bersantai atau relaksasi akan menjadikan tidur kita lebih baik. Kita bisa membaca buku sebelum tidur agar mendapatkan tubuh lebih rileks, mandi air hangat, atau melakukan beberapa trik pikat.

5. Jangan merokok atau minum alkohol

Kedua hal ini dapat membuat seseorang insomnia. Jadi, hindarilah rokok dan alkohol untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Rokok bertindak sebagai perangsang karena tinggi nikotin. Ini juga akan mengganggu pola tidur.

6. Memiliki pola makan yang seimbang