Find Us On Social Media :

Lima Fakta tentang Pemanis Buatan yang Harus Kita Ketahui

By Monalisa Darwin D, Minggu, 24 April 2016 | 06:00 WIB

Lima Fakta tentang Pemanis Buatan yang Harus Kita Ketahui

Intisari-Online.com - Pemanis buatan pada dasarnya adalah pengganti gula. Ini terbuat dari berbagai bahan kimia, yang kebanyakan juga diperuntukan bagi penderita diabetes atau mereka yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Sayangnya, sebagian orang tak menyadari banyak hal yang berkaitan dengan pemanis buatan apalagi dikonsumsi tanpa konsultasi dengan dokter. Padahal, paling tidak ada lima fakta tentang pemanis buatan yang harus kita ketahui.

1. Bisa membuat gemuk

Sebagian orang meyakini bahwa pemanis buatan mengurangi berat badan adalah dengan bebas gula, bebas lemak, dan rendah kalori. Pemanis buat nyatanya dibuat dengan campuran makanan tertentu, yang akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan nafsu makan.

2. Dapat berbahaya bagi otak

Jika harus mengonsumsi pemanis buatan, berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jumlah yang pas harus dilakukan. Karna jika terlalu banyak mengonsumsinya dalam sehari, justr akan menyebabkan kerusakan pada sel otak, yang selanjutnya menjadi tumor serta kejang.

3. Berbahaya bagi hati dan ginjal

Terbukti secara ilmiah bahwa sukralos ketika dikonsumsi akan pecah menjadi dichlo fruktosa yang tidak aman bagi manusia. Ini dapat menghambat fungsi hati serta ginjal. Penggunaan jangka panjang dari pemanis buatan juga dapat membuat kulit menjadi rusak atau bercak-bercak.

4. Menyebabkan penyakit jangka panjang

Pemanis buatan yang digunakan dalam jangka panjang juga akan menimbulkan efek samping, seperti sakit kepala, masalah kulit, masalah fungsi kandung kemih, kelelahan, terganggunya sistem pencernaan, dan tekanan darah tinggi.

5. Dapat menyebabkan kanker

Penelitian menemukan bahwa kanker kandung kemih dapat disebabkan karena penggunaan pemanis buatan dalam jangka panjang. Meski ada pemanis buatan yang disetujui untuk dikonsumsi, namun tak sedikit pula pemanis buatan di pasaran yang ternyata tidak boleh dijual. Cara yang paling tepat adalah dengan berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan pemanis buatan yang sesuai.

Sekarang kita sudah mendapatkan lima fakta tentang pemanis buatan yang harus diketahui, jadi bagi Anda yang mengonsumsi pemanis buatan, sebaiknya lebih berhati-hati.