Find Us On Social Media :

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Cegukan

By Monalisa Darwin D, Minggu, 24 April 2016 | 15:15 WIB

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Cegukan

Intisari-Online.com - Cegukan menjadi salah satu yang dibenci banyak orang karena mereka datang tiba-tiba dan dapat mengganggu atau membuat kita tidak nyaman. Bagi yang bingung bagaimana cara mengatasi masalah ini dengan cepat dan sederhana, inilah beberapa cara mengatasi cegukan:

1. Air

Minum air ketika cegukan mungkin sudah menjadi hal yang paling utama kita lakukan. Dan, air memang solusi pertama jika kita mengalami cegukan. Meneguk air dengan pelan sambil menutup hidung atau kedua telinga akan membuat cegukan hilang.

2. Obat buatan sendiri

Jika air tak cukup ampuh mengusir cegukan, kita dapat membuat obat rumahan sendiri. Caranya adalah mencampur satu sendok teh madu, air jeruk nipis, air jahe, dan sedikit lada. Kemudian, konsumsilah campuran ini secara perlahan.

3. Latihan pernapasan

Pertama, cobalah untuk menahan napas selama mungkin sebisa kita, kemudian hembuskan. Ini akan membuat paru-paru kita mengembang. Hasilnya akan mengurangi cegukan yang sedang kita alami.

4. Jahe

Potong jahe kecil-kecil dan letakkan di dalam mulut. Selanjutnya kunyah perlahan. Ekstrak jahe dapat menyebabkan cegukan berhenti dengan cepat.

5. Cuka

Satu sendok teh cuka dengan campuran gula akan mengatasi cegukan, karena rasa asam dari cuka berperan dalam hal ini.

6. Lupakan tentang mereka

Terakhir walau sedikit sulit, cobalah yakinkan pada diri untuk melupakan cegukan yang sedang dialami. Terkadang cegukan bertindak seperti anak-anak, ketika kita tidak memperhatikan mereka, maka mereka dapat berhenti dengan sendirinya.

Jadi, jangan lupa untuk melakukan beberapa cara mengatasi cegukan di atas bila Anda mendapatkannya.