Find Us On Social Media :

7 Tanda Awal Menopause yang Tak Boleh Diabaikan Wanita

By Monalisa Darwin D, Jumat, 29 April 2016 | 11:00 WIB

7 Tanda Awal Menopause yang Tak Boleh Diabaikan Wanita

Intisari-Online.com - Menopause menjadi tahap kehidupan yang dialami setiap wanita. Seorang wanita akan menghadapi banyak perubahan fisik dalam tahap ini. Kecenderungan untuk marah dan murung juga terjadi pada awal menopause. Selain faktor usia, paling tidak, ada 7 tanda awal menopause yang harus disadari oleh wanita.

1. Perubahan pola periode menstruasi

Mungkin ada perubahan yang terjadi pada pola periode menstruasi. Mendekati masa menopause, periode menstruasi bisa berat atau ringan, dan periode bisa juga tidak teratur. Banyak wanita yang mengalami tidak menstruasi dalam beberapa periode.

2. Perubahan perilaku

Seorang wanita cenderrung lebih merasa cepat marah atau kesal setelah usiannya empat puluh tahun. Ini juga mungkin karena menopause. Perubahan perilaku dan emosi karena awal menopause wanita merasa tertekan.

3. Perubahan fisik

Menopause juga menyebabkan perubahan fisik, termasuk pada kulit dan mulut kering. Sebagain wanita juga mengalami mata kering dan kekeringan pada vagina adalah tanda besar dari menopause.

4. Menurunnya dorongan seksual

Wanita yang akan mengalami menopause akan merasakan hilangnya mnat untuk berhubungan seksual dengan pasangannya. Kebanyakan wanita mengalami ini dan mereka lebih ingin menghabiskan waktu sendirian jika mengalami tanda ini.

5. Sulit tidur dan cemas

Sulit tidur atau insomnia juga menjadi tanda awal menopause pada wanita. Sebagian wanita juga akan lebih sering merasa cemas serta gugup tanpa alasan.

6. Sensai panas pada tubuh