Find Us On Social Media :

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Bagi Penderita Diabetes

By Monalisa Darwin D, Senin, 2 Mei 2016 | 06:00 WIB

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Bagi Penderita Diabetes

Intisari-Online.com - Seseorang yang mengalami masalah diabetes, utamanya harus mengontrol asupan gula di dalam tubuhnya. Menderita diabetes dapat menjadi cukup sulit dalam kehidupan karena ada banyak hal yang dibatasi untuk dilakukan. Paling tidak ada 5 hal yang wajib diperhatikan bagi penderita diabetes!

1. Makanan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa makanan yang dikonsumsi adalah faktor utama untuk dijaga bagi penderita diabetes. Selalu dengarkan kata dokter tentang asupan makanan yang boleh dan tidak boleh. Jangan pula sampai melewatkan makan, karena justru akan menyebabkan komplikasi masalah kesehatan lainnya.

2. Olahraga

Penderita diabetes juga harus aktif secara fisik, misalnya dengan olahraga ringan atau melakukan tugas-tugas rumah. Ini akan membantu menjaga berat badan dan dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak insulin serta meningkatkan energi tubuh.

3. Obat

Sama pentingnya seperti makanan yang tepat, obat juga harus rutin dikonsumsi setiap hari. Selain makanan dan olahraga, obat juga membantu tubuh terjaga dari kadar gula berlebih. Memeriksa kadar gula secara teratur akan membuat kita mendapatkan obat yang tepat.

4. Jangan sampai terluka

Luka tidak dapat disembuhkan pada penderita diabetes, sehingga hindari segala hal yang dapat menyebabkan luka pada kulit. Selalulah berhati-hati untuk hal ini. Bila ditemukan luka, segera ke dokter untuk diobati dan terus memantau luka sampai sembuh.

5. Batasi alkohol dan rokok

Bagi penderita diabetes yang merokok dan minum alkohol, sebaiknya coba untuk mengurangi sampai akhirnya berhenti. Keduanya dapat merusak tubuh secara nyata, terlebih pada penderita diabetes.

Tidak berarti tidak bisa beraktivitas, dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi obat, maka penderita diabetes masih dapat aktif dalam berbagai kegaiatan. Jangan pula ingat 5 hal yang wajib diperhatikan bagi penderita diabetes di atas.(magforwomen.com)