Find Us On Social Media :

12 Cara Meja Kerja Membahayakan Tubuh (1)

By Monalisa Darwin D, Rabu, 4 Mei 2016 | 10:00 WIB

12 Cara Meja Kerja Membahayakan Tubuh (1)

Intisari-Online.com - Memiliki pekerjaan yang mengharuskan kita duduk dalam waktu lama, di depan layar komputer, dan ruangan ber-AC, mungkin memang menyenangkan, namun ternyata ini sangat berbahaya. Kegiatan fisik yang lebih aktif akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Nah, inilah 12 cara bagaimana meja kerja dapat membahayakan tubuh:

1. Paparan polusi

Menurut studi, udara di dalam kantor hampir 100 kali lebih buruk daripada udara di luar. Hal ini karena kita berada dalam ruangan yang terus-menerus terkena sejumlah gas yang tidak sehat, bahan kimia berbahaya, partikel beracun, sehingga menyebabkan penyakit bakteri dan jamur yang kita hirup selama di ruang kantor. Gas atau bahan kimia tersebut dapat berasal dari pengharum ruangan otomatis atau dari AC.

2. Penyakit paru-paru

Hampir sebagian besar ruangan kantor memiliki mesin fotokopi dan printer untuk memudahkan pekerjaan yang harus diselesaikan. Namun, ternyata mesin-mesin tersebut dapat memengaruhi kesehatan kita karena dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh secara perlahan. Mereka menghasilkan gas ozon yang berbahaya, yang meski sedikit saja jumlah dapapt menyebabkan iritasi dan nyeri dada. Ketika partikel-partikel itu masuk dalam aliran darah, maka dapat mengakibatkan penyakit paru-paru.

3. Masalah kardiovaskular

Penelitian telah menunjukkan bahwa bekerja di kantor dalam waktu yang lama, terutama duduk terus-menerus, meningkatkan hampir 60% risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

4. Kesehatan reproduksi

Jika memiliki kebiasaan duduk dengan bekerja menggunakan laptop yang diletakkan di pangkuan, maka ini sangat berbahaya. Panas dari laptop dapat menyebabkan masalah kulit yang juga akan memengaruhi kesehatan alat reproduksi.

5. Ketegangan mata

Menatap layar komputer terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius. Mata terus fokus pada teks atau gambar di layar komputer tanpa non-stop. Akibat dari ketegangan mata ini akan memungkinkan kita mendapat migrain atau sakit kepala.

6. Sakit kepala

Paparan cahaya dari layar komputer dalam waktu lama serta lampu-lampu terang di kantor dapat berdampak buruk pada mata dan akan mengganggu jam tubuh. Ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi serta kelelahan, yang kemudian mengakibatkan sakit kepala.