Find Us On Social Media :

Apa yang Harus Dilakukan Saat Menjumpai Kecelakaan Lalu Lintas? Inilah Jawaban Menurut TMC Polda!

By Chatarina Komala, Jumat, 12 September 2014 | 19:15 WIB

Apa yang Harus Dilakukan Saat Menjumpai Kecelakaan Lalu Lintas? Inilah Jawaban Menurut TMC Polda!

Intisari-Online.com - Kecelakaan lalu lintas memang selalu menjadi ancaman bagi siapa pun pengguna kendaraan dan lalu lintas. Karenanya, meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian merupakan langkah pencegahan risiko. Namun, apa yang harus dilakukan saat menjumpai kecelakaan lalu lintasBerikut adalah tiga pedoman yang bisa kita lakukan saat menjumpai peristiwa kecelakaan lalu lintas dilansir dari laman TMC Polda Metro. 

1. Menguasai keadaan atau sikap 
Setelah melihat adanya kecelakaan lalu lintas catat kendaraan yang terlibat kecelakaan. Namun, bila ada kendaraan yang akan melarikan diri, kita bisa mencatat data-data kendaraan seperti: plat nomor, jenis, merk, tipe dan warna dari kendaraan tersebut. Jauhkan penonton yang berkerumun terutama yang merokok atau yang akan merokok. Bila ada korban, segeralah ditolong atau dibawa ke rumah sakit terdekat. Amankan barang-barang milik korban agar tak sampai dicuri oleh tangan-tangan jahil. Jangan lupa, matikan mesin kendaraan untuk menghindari kemungkinan terjadi kecelakaan yang lebih besar. Tutup tumpahan bahan bakar, semisal menimbun dengan pasir. Bila kecelakaan terjadi di malam hari, sebaiknya hindari penggunaan penerangan dengan api. Penerangan hanya diperbolehkan bila menggunakan tenaga baterai atau sejenisnya.  
2. Memberikan pertolongan   
a. Dalam memberi pertolongan gunakan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan tepat, kalau tidak tepat justru dapat membahayakan korban. 
b. Bila ada korban yang perlu dibawa ke rumah sakit, hentikan kendaraan yang ada pada kesempatan pertama. Jangan lupa catat nomor kendaraan dan lokasi atau tempat di mana korban tersebut dibawa. 
c. Bila situasi memungkinkan, usahakan untuk menghubungi keluarga korban berdasarkan petunjuk atau keterangan yang ada. 
d. Usahakan untuk mengutamakan menolong korban yang menderita luka berat. Setelahnya, barulah tolong korban lain yang luka ringan, dengan meminta bantuan orang-orang di sekitar. 
3. Menghubungi Petugas 
a. Usahakan menghubungi petugas terdekat ditempat kejadian/kecelakaan baik dengan telepon atau perantara orang-orang di sekitarnya.
b. Korban dapat dipindahkan dari tempat semula dengan sebelumnya memberikan tanda pada tempat korban terletak dengan menggunakan kapur atau benda yang lain.
c. Serahkan ke Petugas semua yang kita tahu dan telah kerjakan. Ceritakan kronologis kejadian serta menjawab dengan detail, bila ditanya. Berikan alamat kita ke petugas. Lebih baik lagi, bila kita dengan sukarela bersedia menjadi saksi di kemudian hari.  
d. Bila tidak ada petugas yang mungkin datang, Kita bisa mengikuti jawaban menurut TMC Polda, yaitu segera menuju ke kantor polisi terdekat.