Find Us On Social Media :

3 Kartu Sakti Jokowi (2): Mengenal Kartu Indonesia Sehat (KIS)

By Ade Sulaeman, Senin, 3 November 2014 | 20:00 WIB

3 Kartu Sakti Jokowi (2): Mengenal Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Intisari-Online.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meluncurkan program perdananya dalam wujud 3 jenis kartu untuk warga miskin. Ketiga kartu ‘sakti’ Jokowi yang dimaksud adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahter (KKS).

Khusus untuk KIS, kehadirannya ditujukan untuk meringankan beban masyarakat miskin dalam hal kesehatan. Meski mirip dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, menjamin Kartu Indonesia Sehat tidak akan menggeser sistem JKN.

“BPJS penyelenggaranya, JKN sistemnya, semua satu kesatuan kok,” tutur Khofifah.

Bahkan, menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, kartu ini akan melengkapi JKN.

“Memang di Kartu Indonesia Sehat ini ada tambahan cakupan yang dicover oleh Kartu Indonesia Sehat dibandingkan dengan yang dicover JKN. Salah satunya adalah pemasangan alat kontrasepsi gratis, pengobatan, tes HIV, juga kecelakaan dan beberapa hal lainnya,” Puan menjelaskan.

Cara kerja Kartu Indonesia Sehat pun tidak semata memberi pelayanan pada warga miskin yang sakit, namun juga upaya-upaya pencegahan penyakit, seperti program edukasi mengenai kesehatan. Jadi, kelak pemegang KIS akan diberi informasi seputar kesehatan saat dirinya berobat.

“Dengan KIS kita akan coba geser begitu dia berobat akan kita beritahu dengan sebaik-baiknya,” ujar Menteri Kesehatan RI, Prof Dr dr Nila F. Moeloek, SpM(K), Jumat (31/10/2014).

“KIS tak hanya menyasar masyarakat miskin, tetapi juga golongan rentan miskin. Menurut perkiraan, kartu ini akan dibagikan kepada 88,1 juta orang, lebih banyak dari jumlah warga yang terdaftar sebagai peserta JKN yang hanya mencakup 86,4 juta orang,” papar Sekretaris Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sugihartatmo, Senin (3/11). (kompas.com, liputan6.com, republika.co.id, detik.com, tempo.co)