Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Sepeda Motor Dibatasi di Jakarta

By Ade Sulaeman, Rabu, 12 November 2014 | 20:45 WIB

Inilah Alasan Sepeda Motor Dibatasi di Jakarta

Intisari-Online.com - Mulai Desember 2014, jalan Medan Merdeka Barat akan menjadi kawasan terbatas untuk sepeda motor. Kebijakan tersebut diambil pemerintah provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Lalu, apa alasan sepeda motor dibatasi di Jakarta.

“Sepeda motor itu sekarang sudah ada 11 juta di seluruh DKI, tingkat pertumbuhannya sangat tinggi,” tutur Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto, Selasa (11/11/14).

Alasan sepeda motor dibatasi di Jakarta lainnya adalah fakta bahwa peningkatana kepemilikkan kendataan tidak dapat dicegah. Apalagi Jakarta meruapakan pangsa pasar kendaraan terbesar di Indonesia, yaitu 30,9 persen untuk roda empat dan 15,92 persen untuk roda dua.

Belum lagi jika wilayah satelit seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dihitung.Data terakhir menunjukkan dalam lima tahun terakhir, di Jabodetabek mengalami kenaikan jumlah pengguna sepeda motor hingga 200 persen.

Sedangkan jika merujuk data dari Polda Metro Jaya tahun 2013, jumlah populasi sepeda motor mencapai 74,53 persen dari seluruh populasi kendaraan, sementara mobil hanya mencapai 19 persen.

Beragam alasan sepeda motor dibatasi di Jakarta tersebut diharapkan dimaklumi oleh para pengguna sepeda motor di Jakarta. Apalagi Pelaksana teknis (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga sudah menjanjikan adanya 100 bus tingkat gratis bagi para pengendara sepeda motor yang biasa melalui jalur yang dibatasi tersebut.

Para pengguna motor tersebut tinggal parkir di lokasi yang sudah ditentukan untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus tingkat gratis tersebut. (kontan.co.id)