Find Us On Social Media :

Jokowi Capai 12 Kesepakatan dalam Pertemuan KTT APEC

By Ade Sulaeman, Senin, 17 November 2014 | 10:00 WIB

Jokowi Capai 12 Kesepakatan dalam Pertemuan KTT APEC

Intisari-Online.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa "oleh-oleh" dari hasil lawatannya ke Beijing, China, dalam rangka KTT APEC. Oleh-oleh tersebut dalam bentuk keberhasilan Jokowi mencapai 12 kesepakatan dalam pertemuan KTT APEC. Dalam waktu dekat, seluruh kesepakatan itu akan ditindaklanjuti.

Demikian disampaikan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (16/11/2014).

"Mendag yang sudah melaporkan ada 12 kesepakatan yang sudah dihasilkan di Beijing, silakan ditanyakan lebih detail ke Mendag," kata Andi.

Andi mengungkapkan beberapa kesepakatan itu bahkan sudah langsung ada penandatanganan memorandum of understanding (MoU) business to business. Setelah Jokowi mencapai 12 kesepakatan dalam pertemuan KTT APEC, yang terwujud dalam penandatanganan MoU itu, Andi memastikan semua menteri terkait akan langsung bekerja.

"Ketika pertemuan bilateral, PM Abbot misalnya malah bertanya bagaimana Indonesia bisa merancang one stop service dengan pemotongan-pemotongan beberapa tahapan birokrasi perizinan, karena itu di Australia susah sekali dilakukan," kata Andi.

Sebelumnya, Presiden langsung mengutus sejumlah menteri untuk menindaklanjuti hasil pertemuan bilateral yang dilakukannya dengan kepala negara dalam forum KTT APEC, KTT ASEAN, dan G20. Para menteri itu diminta untuk jemput bola mendatangi negara-negara yang sudah menyatakan ketertarikannya menjalin kerja sama dengan Indonesia.

Jokowi mencontohkan Menteri Koordinator Maritim Indroyono Soesilo akan diutus ke Tiongkok dan Jepang untuk membahas masalah kemaritiman. Untuk industri otomotif, Jokowi mengungkapkan pengusaha Italia tertarik untuk berinvestasi ban di Indonesia.

Selain itu, Jokowi juga mengaku berhasil membawa rencana investasi di sektor pelabuhan hingga pembangkit listrik. Untuk menggarap dua sektor itu, Jokowi mengaku akan meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menindaklanjuti sehingga benar-benar tercipta kerja sama yang konkret.

"Ini harus ditindaklanjuti. Kalau nggak, ya nggak akan ketemu," ujar Jokowi yang mencapai 12 kesepakatan dalam pertemuan KTT APEC. (kompas.com)