Find Us On Social Media :

Dokter Terikat Kontrak dengan Perusahaan Farmasi (2): Pasien jadi Resisten Terhadap Antibiotik

By Ade Sulaeman, Senin, 24 November 2014 | 20:00 WIB

Dokter Terikat Kontrak dengan Perusahaan Farmasi (2): Pasien jadi Resisten Terhadap Antibiotik

Intisari-Online.com – Seorang mantan medical representative atau medrep membagi kisahnya pada 2008 saat seorang dokter sudah terikat kontrak dengan perusahaan farmasi dimana medrep tersebut bekerja.

Sang medrep menjalin kerja sama dengan seorang dokter spesilasi paru-paru di sebuah rumah sakit pemerintah di pinggiran Jakarta.

Kesepakatan kerja sama yang disampaikan secara lisan, tanpa perjanjian tertulis, itu menyatakan bahwa si dokter akan meresepkan antibiotik cair buatan perusahaan farmasi tertentu.

Si dokter kemudian menerima uang Rp20 juta untuk biaya berlibur ke Bali bersama keluarganya. Sepulang dari Bali, si dokter jadi rajin meresepkan antibiotik cair kepada pasiennya yang mayoritas adalah orang dewasa.

Dokter yang sudah terikat kontrak dengan perusahaan farmasi tersebut ditargetkan meresepkan antibiotik itu senilai Rp100 juta.

"Akhirnya, untuk pasien dewasa pun dia kasih resep antibiotik cair. Kan jadi konyol, pasien dewasa dikasih antibiotik cair," ujar mantan medrep itu ketika ditemui di sebuah gerai fastfood di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten.

"Mestinya pasien dewasa diberi antibiotik tablet. Cuma gara-gara terima uang akhirnya muncul resep tak masuk akal," tambahnya.

Dalam enam bulan dokter itu sudah melunasi "kewajibannya" ke perusahaan farmasi. Tapi banyak apoteker tertawa melihat resep si dokter. "Antibiotik cair kan untuk anak-anak," katanya. 

Beberapa medrep maupun mantan medrep yang menjadi narasumber yakin masyarakat banyak yang tak sadar adanya dokter yang sudah terikat kontrak dengan perusahaan farmasi.

"Banyak orang jadi resisten terhadap antibiotik golongan terendah gara-gara dokter mengadakan kerja sama untuk meresepkan antibiotik golongan yang lebih tinggi," kata salah satu medrep. (tribunnews.com)