Find Us On Social Media :

#IllRideWithYou, Tagar untuk Menangkal Gerakan Anti-Muslim Akibat Penyanderaan di Sydney

By Ade Sulaeman, Senin, 15 Desember 2014 | 20:45 WIB

#IllRideWithYou, Tagar untuk Menangkal Gerakan Anti-Muslim Akibat Penyanderaan di Sydney

Intisari-Online.com - Seorang pria yang diduga berasal dari kelompok militan Islam menyandera setidaknya 20 orang di kafe Lindt Chocolate di kawasan bisnis Martin Place, Sydney, Australia, Senin (12/12/2014). Aksi tersebut memicu komentar anti-muslin di Sydney. Untungnya, muncul tagar #IllRideWithYou untuk menangkal gerakan anti-muslim akibat penyanderaan di Sydney tersebut.

Tagar ini dimulai oleh Tessa Kum, seorang content edditor TV dan juga seorang penulis yang tinggal di Sydney, melalui akun Twitter-nya @sirtessa.

“Jika kamu hendak menaiki bus #373 menuju Martin Place, menggunakan atribut agama dan merasa tidak aman karena sendirian, saya akan melaju bersamamu (I’ll ride with you). @ saya untuk jadwalnya,” Kum berujar dalam cuitnya.

Kalimat “I’ll ride with you” tersebutlah yang kemudian muncul menjadi tagar #IllRideWithYou untuk menangkal gerakan anti-muslim akibat penyanderaan di Sydney.

Kepada mengatakan BuzzFeed News, Kum menyatakan hatinya hancur setelah membaca cerita ini:

Selanjutnya Kum berujar “Sulit untuk menumbuhkan harapan ketika Anda merasa tidak berdaya. #illridewithyou merupakan sebuah tindakan kecil, tapi mungkin sangat berarti bagi seseorang. Saya berpikir tentang orang-orang yang mungkin akan terkena dampak (atas tindakan penyenderaan di Sydney) dan disalahkan padahal mereka sama sekali tidak terlibat.”

Tentu saya kita tidak hanya menontonnya, kita hidup di dunia mereka. Kita bukan pengamat dan kita bukan bagian dari orang-orang yang tidak berdaya.

Dalam waktu singkat tagar #IllRideWithYou, yang menjadi penangkal gerakan anti-muslim akibat penyanderaan di Sydney, menjadi trending topic.

Berikut ini beberapa contoh cuit yang menggunakan tagar #illridewithyou: 

" > " > " > " >