Find Us On Social Media :

Para Astronot Merayakan Natal di Luar Angkasa

By Nadia Mardatilla Arif, Kamis, 25 Desember 2014 | 08:00 WIB

Para Astronot Merayakan Natal di Luar Angkasa

Intisari-online.com — Ketika banyak dari kita di Bumi ini membuka kado-kado dan berpesta di Hari Natal (25/12), di kapal International Space Stationpara, para astronot akan memiliki perayaan Natal tersendiri yang berada di atas permukaan planet.

Dua orang Amerika dari enam awak di Ekspedisi 42 —Komandan Barry “Butch” Wilmore dan flight engineer, Terry Virts— sedang mendapatkan kesempatan beristirahat untuk “berlibur” di ruang angkasa, kata official NASA.

“Mereka akan memiliki hari libur, menghabiskan waktu bersama sambil menikmati waktunya, melihat ke luar jendela dan bersantai,” ujar pembicara NASA, Joshua Buck, pada Space.com

Wilmore dan Virts merekam sebuah pesan video tentang Natal. Mereka berharap agar setiap orang di Bumi bersuka cita di Hari Natal. Dalam video itu jelas terlihat di dalam pesawat ruang angkasa terdapat lampu-lampu, topi Santa, kaus kaki khas Natal untuk setiap awak, dan sebuah pohon Natal mungil.

 “Butch memberi kaus kaki untuk kami semua dan saya punya beberapa hadiah. Jadi, saya pikir kami akan bertukar kado dan makan beberapa kalkun yang diiridiasi, dehydrated mashed potatoes, dan roti jagung,” kata Virts pada radio Baltimore’s WBAL yang melakukan wawancara pada 22 Desember lalu. “Jadi, ini akan menjadi Hari Natal yang baik. Dan tentunya, kami akan merayakannya sebanyak 16 kali karena di sini matahari terbit 16 kali setiap hari.”

Rencananya, akan ada juga layanan Malam Natal dalam kapal yang sedang mengorbit, ujar Virts.

Para awak lain dalam Ekspedisi 42 adalah kosmonot Rusia Elena Serova, Alexander Samoukutyaev, dan Anton Shkaplerov, dan astronot Europarean Space Agency, Samantha Cristoforetti. Perayaan Natal Rusia akan dilaksanakan pada 7 Januari mendatang dan semua awak akan mengadakan perayaan lain untuk ketiga kosmonot dalam kapal, kata official NASA. (Para astronot di stasiun luar angkasa sering berpartisipasi dalam perayaan-perayaan liburan para awak kapal dari berbagai negara.)

Setelah para astronot merayakan Natal di luar angkasa Desember ini, Wilmore, Serova, dan Samoukutyaev akan kembali ke Bumi pada Maret 2015 mendatang. Mereka akan digantikan oleh tiga awak kapal berikutnya, sebagai bagian dari sistem berputar yang membuat International Space Station selalu memiliki awak. (Space.com)