Find Us On Social Media :

Musisi Jazz Buddy DeFranco Meninggal di Usia 91 Tahun

By Nadia Mardatilla Arif, Minggu, 28 Desember 2014 | 10:00 WIB

Musisi Jazz Buddy DeFranco Meninggal di Usia 91 Tahun

Intisari-online.com – PANAMA, Florida. Buddy DeFranco, pemain klarinet jazz terkenal –yang pernah berkolaborasi dengan Frank Sinatra, Billie Holiday, dan penyanyi serta para musisi papan atas pada masanya – meninggal dii umurnya yang ke 91, menurut keterangan keluarga.

Keluarga DeFranco mengatakan pada The Associated Press bahwa musisi terkenal ini meninggal pada Rabu malam di Panama City Hospital.

Istri DeFranco, Joyce, mengatakan bahwa kesehatan seuaminya memang sudah menurun beberapa tahun terakhir. Pasangan ini tinggal di Panama.

DeFranco adalah anggota dari American Jazz Hall of Fame, yang pernah tampil di berbagai tempat di dunia selama 75 tahun dan rekaman dengan banyak musisi termasuk Sinatra, Holliday, Art Tatum, Ella Fitzgerald, dan Tony Bennet. Selama delapan tahun, pada 1966 sampai 1974 dia menjadi konduktor untuk Glenn Miller Orchestra.

 “Dengan tangannya sendiri, Buddy DeFranco adalah seorang klarinet yang dapat membahasakan ritme dan harmoni lebih baik dari Benny Goodman. Tanpa pernah melupakan akarnya di musik swing, dia juga menjelajahi lebih jauh tentang bebop dan beyond. Dia juga selalu perhatian dan suportif pada klarinet-klarinet baru,” kata Ken Peplowski, pemimpin klarinet jazz.

DeFranco mendapatkan penghargaan National Endowment sebagai Arts Jazz Master dan setelahnya dianugerahi sebagai Living Jazz Legend saat upacara Kennedy Center.

DeFranco diakui sebagai klarinet jazz terbaik dunia selama 16 kali dengan penghargaan Playboy All-Star.

“We have received condolences from around the world,” said Joyce DeFranco. She said her husband’s influence on music will last long beyond his lifetime.

“Kami telah menerima ucapan belasungkawa dari seluruh dunia," kata Joyce DeFranco. Dia mengatakan pengaruh suaminya pada musik akan selalu dikenang.

DeFranco memulai karirnya sebagai seorang remaja di Philadelphia dan melanjutkan dengan bermain dengan band-band legendaris seperti Tommy Dorsey, Hitung Basie, Gene Krupa, dan Charlie Barnett.

Pada tahun 1958, seorang komposer, Nelson Riddle menulis musik untuk DeFranco yang berjudul "Cross Country Suite", sementara Nat King Cole memperkenalkan DeFranco ketika ia pertama kali bekerja di Hollywood Bowl.

The Buddy DeFranco Jazz Festival is held each spring at The University of Montana in Missoula, Montana. DeFranco’s family asked Friday that contributions in his memory be given to the festival.

The Buddy DeFranco Jazz Festival digelar setiap musim semi di University of Montana. Keluarga DeFranco meminta Friday untuk berkontribusi untuk mengenangnya saat festival.

Mengenai rencana pemakaman, hingga Jumat malam belum diumumkan. Musisi Jazz, Buddy DeFranco meninggalkan seorang istri dan anaknya, Chad DeFranco. (TIME.com)