Find Us On Social Media :

Inilah Daftar Maskapai Penerbangan Paling Aman Versi AirlineRatings.com

By Ade Sulaeman, Rabu, 7 Januari 2015 | 20:30 WIB

Inilah Daftar Maskapai Penerbangan Paling Aman Versi AirlineRatings.com

Intisari-Online.com - Apa yang terjadi pada Malaysia Airlines MH370 dan MH17 serta AirAsia QZ8501 membuat kita bertanya-tanya  adakah maskapai penerbangan yang aman untuk digunakan jasanya? Untuk itu, rasanya daftar maskapai penerbangan paling aman versi AirlineRatings.com berikut ini bisa cukup membantu.

Apalagi, AirlineRatings.com tidak hanya memuat daftar maskapai penerbangan “biasa”, namun juga memuat daftar untuk maskapai penerbangan berbiaya murah. Dari 449 maskapai penerbangan yang dimonitor, terpilihlah 10 maskapai penerbangan untuk masing-masing versi.

Rating ini dibuat berdasarkan beberapa faktor yang berhubungan dengan audit dari badan penerbangan seperti FAA dan ICAO. Sejarah operasional dan rekam jejak kecelakaan masing-masing maskapai penerbangan juga dipelajari oleh AirlineRatings.com.

Qantas berada di posisi teratas daftar maskapai penerbangan paling aman versi AirlineRatings.com. Maskapai asal Australia ini sekalipun tidak pernah mengalami kecelakaan fatal di era pesawat jet. Sembilan maskapai penerbangan lain yang masuk dalam maskapai penerbangan teraman antara lain Air New Zealand, British Airways, Cathay Pacific Airways, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Finnair, Lufthansa dan Singapore Airlines.

Sementara untuk maskapai penerbangan berbiaya murah yang paling aman versi AirlineRatings.com, terdiri dari Aer Lingus, Alaska Airlines, Icelandair, Jetblue, Jetstar,  Kulula.com, Monarch Airlines, Thomas Cook, TUI Fly dan Westjet.

Dari 449 maskapai penerbangan yang disurvei, 149 diantaranya mendapat 7 bintang dalam hal keamanan, semenyata hampir 50 diantaranya hanya mendapat 3 bintang, bahkan ada yang kurang. Ada lima maskapai penerbangan yang hanya mendapat 1 bintang dalam hal kemananan, yaitu Agni Air, Kam Air, Nepal Airlines, Scat dan Tara Air.

Semoga daftar maskapai penerbangan paling aman versi AirlineRatings.com bisa menjadi referensi jika Anda berminat jalan-jalan ke luar negeri. (airlineratings.com)