Find Us On Social Media :

Celana Pendek Bob Sadino dan Kunjungan Presiden

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 20 Januari 2015 | 09:00 WIB

Celana Pendek Bob Sadino dan Kunjungan Presiden

Intisari-Online.com - Banyak orang bertanya-tanya perihal celana pendek Bob Sadino. Kita tentu ingat soal penampilan pengusaha nyentrik ini; celana jins pendek berwarna biru dipadukan dengan kemeja putih kotak-kotak yang kancing atasnya terbuka. Kenapa Bob Sadino suka menggunakan celana pendek?

Soal pakaiannya yang tergolong nyeleneh—bercelana pendek, Bob menganggap itu adalah soal kepribadian. Bahkan suatu ketika, Om Bob tetap mengenakan celana pendek saat menerima kunjungan Presiden RI saat itu, Soeharto, ke kebun yang sekarang menjadi rumahnya.

”Soal tudingan bahwa celana pendek simbol tidak menghargai orang lain, itu sekali lagi hanyalah mindset orang kebanyakan. Saya pernah diusir dari Gedung DPR karena semata mengenakan celana pendek. Saya dituntut memakai celana panjang kalau mau masuk ke gedung rakyat itu. Oke, saya mau bertanya. Lebih baik mana, celana pendek tapi dibeli dengan uang sendiri atau celana panjang tetapi dibayar dengan uang rakyat? Ha-ha-ha,” kata Om Bob waktu itu.

Bob juga pernah diusir dari gedung DPR lantaran mengenakan celana pendek.

Gaya berpakaian Om Bob yang kerap mengenakan celana pendek sejatinya bukan hal yang baru. Seperti pernah dilaporkan Harian Kompas, pada 23 November 1985, Bob terlihat menyampaikan pemaparan pada acara ceramah ilmiah yang diselenggarakan oleh Senat Universitas Parahyangan Bandung.

Celana pendek Bob Sadino kini tinggal kenangan. Pengusaha penyuka angka 2121 kelahiran Tanjung Karang, Lampung, 9 Maret 1933 itu menghembuskan napas terakhir pada Senin (19/1). Bagi banyak orang, ia adalah inspirator dalam dunia usaha. “Wirausaha adalah sesuatu yang dilaksanakan, bukan dibicarakan atau didiskusikan.”