Find Us On Social Media :

Horizon, Kerbau Istimewa Asal Afrika yang Dibanderol Rp160 Milyar dan Jadi Kerbau Termahal di Dunia

By Moh Habib Asyhad, Senin, 25 April 2016 | 16:00 WIB

Horizon, Kerbau Istimewa Asal Afrika yang Dibanderol Rp160 Milyar dan Jadi Kerbau Termahal di Dunia

Intisari-Online.com - Jika ada pengukuhan kerbau termahal di dunia, mungkin kerbau bernama Horizon ini akan menjadi yang nomor satu. Kerbau istimewa asal Afrika ini dibanderol 12,2 juta dolar AS atau sekitar Rp160 milyar, dan membuatnya menjadi kerbau termahal di dunia. Sekilas Horizon tak ubahnya kerbau pada umumnya, lalu apa yang membuatnya istimewa?

Kerbau ini dikenal dengan sepasang tanduk yang panjang dan indah. Jika dibentangkan, panjangnya bisa mencapai 1,5 meter. Inilah yang membuatnya berbeda dengan kerbau-kerbau Afrika lainnya yang hanya memiliki tandung sepanjang 1 meter.

Tapi bukan tanduknya yang membuatnya dibanderol mahal. Tapi gennya. Horizon dianggap sebagai pejantan tangguh yang siap membuahi para kerbau betina di mana pun mereka berada. Jika kerbau betina itu dihamili oleh Horizon, maka nilai kerbau itu akan naik tiga kali lipat. Misal, awalnya kerbau betina itu harganya Rp700 juta. Setelah dibuahi oleh Horizon, harganya bisa lebih dari Rp2 milyar. Bukan main kan?

Kerbau Horizon ternyata memiliki kerabat jauh di Amerika Serikat, tapi harganya tak semahal Horizion. Sekitar Rp50 jutaan.

Horizon sendiri saat ini dimiliki oleh empat pengusaha Afrika Selatan, masing-masing memegang 25% saham. “Sangat jarang kerbau menurun secara genetika ke generasi selanjutnya. Ada kalanhya, kerbau yang baik melahirkan kerbau yang jelek. Tapi keturunan Horizon memiliki genetika yang luar biasa dan kita tahu, ia menjamin menghasilkan anak yang baik,” ujar Piet du Toit, salah satu pemegang saham Horizon.