Find Us On Social Media :

Orang Jerman Merayakan Hari Raya Kenaikan Yesus dengan Pesta Miras?

By Lila Nathania, Kamis, 5 Mei 2016 | 16:30 WIB

Orang Jerman Merayakan Hari Raya Kenaikan Yesus dengan Pesta Miras?

Intisari-Online.com – Lain ladang, lain belalang. Lain tempat, lain pula tradisinya. Benarkah bahwa orang Jerman merayakan hari raya kenaikan Yesus dengan pesta miras?

Di Jerman, hari raya kenaikan Yesus atau Himmelfahrt ternyata bukan hanya menghormati peristiwa naiknya Yesus ke surya menurut agama Kristiani. Pada hari yang sama, dirayakan juga hari ayah atau disebut juga sebagai hari para lelaki.

Hari raya kenaikan Yesus dalam agama Kristen memang selalu jatuh pada hari Kamis karena dirayakan tepat 40 hari setelah Paskah. Nah, di hari ini pula orang-orang Jerman mendapatkan libur untuk merayakan hari lelaki.

Hari lelaki ini merupakan tradisi yang sudah ada sejak lama di Jerman untuk menghormati ayah yang sudah tua dengan bir yang sudah tua juga. Dalam hari yang disebut sebagai Herrenpartien (pesta lelaki) ini kaum pria akan minum bir, piknik ke tempat-tempat terbuka, lalu saling bercanda dan makan-makan.

Tradisi kuno ini sebenarnya sudah ada sejak abad ke-18. Hari lelaki ini memang digunakan untuk menghormati para ayah karena di hari ini juga Yesus kembali ke surga untuk bersatu dengan Bapa. Di Jerman, kaum ayah akan berkendara keliling kota dengan anak-anaknya dan siapa yang memiliki paling banyak anak akan diberi daging ham yang besar. Begitulah cara unik orang Jerman merayakan hari kenaikan Yesus.

(Thelocal.de)