Find Us On Social Media :

Bongkahan Emas Terbesar di Inggris Raya Telah Ditemukan di Wales

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 12 Mei 2016 | 16:30 WIB

Bongkahan Emas Terbesar di Inggris Raya Telah Ditemukan di Wales

Intisari-Online.com - Seorang pencari emas mengklaim baru saja menemukan bongkahan emas terbesar di Inggris Raya. Bongkahan sebesar telor ayam berukuran kecil yang ditaksir senilai 50 ribu poundsterling (sekitar Rp961 juta) itu ditemukan di sebuah tempat di Wales, persisnya di lepas pantai Anglesey.

Menurut Vincent Thurkettle (60), penambang emas itu, bongkahan ini lebih besar dibanding bongkahan yang ditemukan sebelumnya pada 1808. Bongkahan seberat 85 gram ini dipercaya merupakan bagian dari emas tangkapan senilai 120 juta poundsterling (sekitar Rp2306 triliun) yang terdampar bersama kapal Royal Charter pada 1859.

Pemburu harta karun telah menghabiskan waktu tak kurang dari 150 tahun untuk menemukan jejak emas tersebut. Dan Vincent, menghabiskan tujuh musim panas, dengan enam minggu setiap musimnya, menjelajahi pantai sebelum untuk menemukan benda berharga baik ekonomis maupun historis ini. Setelah menyelam ke sana ke mari, ia justru menemukan benda itu di pinggir pantai.

 

“Saya benar-benar terkejut ketika pertama kali melihat bongkahan itu. Matahari bersinar begitu terik sehingga emas itu berkilat dan karena berada di bawah permukaan air, ia tampak lebih besar dari aslinya,” ujarnya seperti dilansir Metro.co.uk.

Temuan emas ini sejatinya terjadi pada 2012 silam. Tapi ia terus merahasiakannya hingga sekarang takut orang-orang berbondong-bondong pergi ke tempat itu untuk mencari lebih banyak emas. Lokasi penemuan emas itu, diperkirakan berjarak 40 meter dari lokasi karamnya kapal Royal Charter pada 26 Oktober 1859 setelah diterjang badai. Kapal tersebut, yang hendak menuju Liverpool, bermuatan emas dari Australia dan 450 orang.