Find Us On Social Media :

Seminggu Sekali 'Salesman' Ini Mengajari Perempuan Gelandangan di Orlando Belajar Membaca

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 13 Mei 2016 | 12:00 WIB

Seminggu Sekali 'Salesman' Ini Mengajari Perempuan Gelandangan di Orlando Belajar Membaca

Intisari-Online.com - Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Begitu kata pepatah lama. Dan sepertinya Greg Smith begitu memahami kalimat itu. Seminggu sekali, salesman itu mengajari perempuan gelandangan di Orlando cara membaca. Buku pertama yang dibacakan laki-laki 25 tahun itu adalah Beyond Belief-nya Josh Hamilton.

Smith secara teratur melewati Amy Joe—perempuan gelandangan itu—dalam perjalanannya menuju tempat kerjanya di kota Orlando, Florida. Yang membuatnya istimewa adalah, perempuan itu selalu mengucapkan “Selamat pagi Pak, semoga harimu bahagia. Tuhan memberkati” setiap berpapasan dengannya.

“Ia tidak pernah berhenti memberikan senyum kepada saya dan saya tentu saja menjadi lebih bersemangat,” ujar Smith kepada NBC Today.

Hingga suatu ketika, sekitar sebulan yang lalu, saat salah satu agenda yang mesti ia kerjakan dibatalkan, Smith memutuskan bertemu Joe. Ia mengajaknya makan siang dan untuk seterusnya, membuat jadwal rutin menemuinya saban Selasa. Dari sana, Smith tahu Joe tidak bisa membaca.

“Ia tidak bisa membaca, tidak merokok, tidak minum, tidak kecanduan narkoba, ataupun yang lainnya. Ia hanya tidak pernah bertemu dengan seseorang yang mengajarinya cara membaca,” tulis Smith di akun Facebook miliknya.

Kondisi ini membuat Smith terkaget-kaget. Ia tak bisa membayangkan bagaimana perempuan 48 tahun ini tumbuh dan besar tanpa pernah bisa membaca sedikit pun. “Ia tampak begitu bahagia saat saya bilang ingin membantunya (membaca),” tambah Smith.

Sudah disinggung di awal, Smith memulainya dengan Beyond Belief-nya Josh Hamilton. Bukan lantaran Smith begitu menyukai buku itu, tapi karena buku yang ia pinjam dari salah satu perpustakaan di kotanya itulah yang waktu tergeletak di mobilnya. Sejak itu, ia berjanji akan pergi ke perpustakaan seminggu sekali untuk meminjam buku, dan membacanya bersama Joe.

Status di Facebook itu sendiri sudah dibagikan lebih dari 40 ribu kali. Smith berharap, ceritanya itu bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan sesuatu yang baik—walau sangat sederhana. “Anda tidak akan pernah bisa mebantu orang lain hingga Anda mencobanya,” tulis Smith lagi.

“Lalu, siapakah Amy Joe-mu?”