Find Us On Social Media :

Transplantasi Organ Antar Penderita HIV Dilakukan untuk Pertama Kalinya di Inggris

By Lila Nathania, Minggu, 22 Mei 2016 | 15:00 WIB

Transplantasi Organ Antar Penderita HIV Dilakukan untuk Pertama Kalinya di Inggris

Intisari-Online.com – Selama ini operasi transplantasi dan pendonoran tentu harus memenuhi syarat wajib bebas HIV. Baru-baru ini dilaporkan bahwa transplantasi organ antar penderita HIV dilakukan untuk pertama kalinya di Inggris.

Tim dokter di Inggris baru-baru ini telah berhasil melakukan operasi transplantasi organ pertama antar penderita HIV. Hingga sekarang, kedua pihak baik pendonor maupun penerima donor telah mengalami pemulihan yang baik tanpa kendala yang berarti.

Operasi in ini rupanya telah dilakukan sejak lima tahun yang lalu namun baru dipublikasikan sekarang. Dalam operasi ini ada dua liver dan dua ginjal yang didonorkan. Baik pemberi maupun penerima donor ini sama-sama merupakan penderita HIV.

Tindakan ini dulunya tidak boleh dilakukan karena tim dokter tidak ingin pihak pendonor menularkan infeksi yang baru pada penerima donor. Kita juga tidak tahu apakah ada virus yang berbeda pada kedua orang sehingga penerima donor justru bisa makin parah penyakitnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, tim dokter mengevaluasi setiap pendonor dengan cermat. Setiap orang dicek sudah sejauh apakah penanganan yang pernah dilakukan untuk mengontrol HIV pada tubuhnya. Dokter juga harus tahu apakah pendonor memiliki riwayat infeksi HIV yang akut.

Bila semua berjalan dengan lancar, cara ini diharapkan dapat membuat para penderita HIV yang membutuhkan donor untuk mendapat pertolongan sehingga nyawanya terselamatkan.

(iflscience.com)