Find Us On Social Media :

Penyintas Holocaust Ini Bertemu Veteran Perang yang Menyelamatkannya Dulu dalam Reuni yang Mengharukan

By Moh Habib Asyhad, Senin, 23 Mei 2016 | 17:00 WIB

Penyintas Holocaust Ini Bertemu Veteran Perang yang Menyelamatkannya Dulu dalam Reuni yang Mengharukan

Intisari-Online.com - Ada air mata, ada pelukan, ada keharuan, ada kebahagiaan, juga ciuman. Itulah pemandangan yang terlihat ketika seorang penyintas Holocaust bertemu veteran perang yang menyelamatkannya dulu dalam sebuah reuni yang mengharukan.

Sudah 71 tahun, sejak Perang Dunia II, veteran Sid Shafner (94) telah membantu membebaskan ribuan tahanan di kamp konsentrasi Dachau pada 1945. Dan baru-baru ini, ia bertemu dengan dua di antara para penyintas yang ia selamatkan itu, salah satunya adalah Marcel Levy (90).

“Semua yang saya miliki saat ini, semua anak saya, cucu dan cicit, adalah karena Anda,” ujar Levy kepada Shafner, seperti dilansir ABC News. Shafner diterbangkan langsung ke pangkalan udara Israel untuk bertemu dengan “kawan lamanya” itu.

Levy, yang ketika diselematkan masih berusia sangat muda, merupakan salah satu penyintas yang berhasil diselemantkan—sementara tidak dengan keluarga lainnya. Pada pertemua dua sesepuh awal bulan ini, Shafner telah diberi penghargaan atas keberaniannya itu. Levy juga secara khusus memberinya sebuah plakat bertuliskan: “Anda datang seperti malaikat … dan membawa saya ke dalam cahaya.”

Berikut video pertemuan keduanya: