Find Us On Social Media :

Menengok Keindahan Hanauma Bay di Hawaii sebagai Pantai Terbaik di Amerika Serikat

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 27 Mei 2016 | 11:30 WIB

Menengok Keindahan Hanauma Bay di Hawaii sebagai Pantai Terbaik di Amerika Serikat

Intisari-Online.com - Setiap tahun, profesor ilmu perpantaian Stephen Leatherman—biasa dipanggil “Dr Beach”—membuat peringkat pantai terbaik di Amerika Serikat. Dan untuk daftar 2016, Dr Beach menempatkan Hanauma Bay di Hawaii sebagai pantai terbaik di Negeri Paman Sam itu.

Dr Beach, yang juga profesor dan direktur di Laboratory at Coastal Research, Florida International University, menggunakan 50 kriteria untuk menentukan peringkat tersebut. Kriteria itu meliputi kualitas pasir dan air, pengelolaan lingkungan, juga fasilitas yang tersedia di dalamnya. Dr Beach juga memasukkan larangan merokok dalam kreteria terbaru.

Hanauma Bay menjadi kawasan konservasi biota laut dan taman bawah laut pada 1967. Pada 1990, pejabat setempat membuat rencana untuk melindungi area tersebut. Oleh sebab itu, setiap pengunjung yang hendak datang ke sana sebelumnya harus melihat video tutorial tentang pelestarian dan konservasi. Mereka juga harus menaati peraturan yang diterapkan di area tersebut.

 

Salah satu peraturan yang paling ketat adalah para pengunjung dilarang memegang apalagi berjalan di atas terumbu karang di pantai yang dilindungi itu.

Selain Hawaii, pantai-pantai di Florida, North Carolina, South Carolina, Massachusetts, California, dan New York juga masuk dalam daftar tersebut. Di urutan lima besar, setelah Hanauma Bay ada Siesta Beach (Florida), Kapalua Beach (Maui), Ocracoke (North Carolina), dan Coast Guard Beach (Massachusetts).