Find Us On Social Media :

Supaya Gampang Dipantau, China Membekali Para Manula dengan Alat Pelacak Digital

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 31 Mei 2016 | 10:00 WIB

Supaya Gampang Dipantau, China Membekali Para Manula dengan Alat Pelacak Digital

Intisari-Online.com - Populasi warga senior alias manula di Beijing, China, sedang mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Oleh sebab itu, untuk mempermudah pemantauan terhadap mereka, termasuk mendeteksi apa kebutuhannya, pemerintah membekali para manula itu dengan alat pelacak digital.

Dengan alat pelacak ini, setiap aktivitas yang dilakukan oleh kakek-nenek itu, mulai dari naik angkutan umum, pergi ke dokter, berolahraga, berjalan-jalan sore, bisa dipantau secara digital. Intinya, Pemerintah China ingin lebih “memanusiakan” para orang tua ini.

Seperti disinggung di awal, jumlah warga senior di China, terutama Beijing, terus mengalami peningkatan yang signifikan. Data terkumpul setiap kali para manula menggunakan kartu, disebut “Beijing Connect” tersebut. Data itu langsung tertampung dalam sebuah basis data besar.

Pemegang otoritas di kota itu berharap, dengan formula seperti ini, pemerintah bisa menyiapkan perbaikan layanan kepada populasi warga berumur di atas 60 tahun yang kini sedang berkembang. Selain itu, program ini juga ingin menunjukkan bagaimana China menggunakan data untuk menciptakan kebijakan yang lebih baik ke depan.

Strategi yang diambil adalah menggunakan teknologi baru yang tentu terhubung dengan internet untuk menciptakan inovasi dan mendorong transformasi China ke arah “services-based economy”. Perdana Menteri Li Keqiang sebelumnya pernah mengatakan, pihaknya akan mendorong terjadinya revolusi industri baru di China.

Kebijakan ini memang baru permulaan. Tapi para pemegang wewenang sudah memiliki bayangan keberhasilan alat ini; menggunakan alat ini pemerintah akan mudah memprediksi kebutuhan krusial para manula pada masa mendatang. Dengan demikian, akan tercipta layanan "ramah manula" bagi penduduk di Beijing pada masa depan.