Find Us On Social Media :

4 Penyebab Utama Terjadinya Kecelakaan Pesawat Terbang (1)

By Lila Nathania, Minggu, 5 Juni 2016 | 11:30 WIB

4 Penyebab Utama Terjadinya Kecelakaan Pesawat Terbang (1)

Intisari-Online.com – Ada beberapa hal yang bisa menimbulkan kecelakaan di udara. Inilah 4 penyebab utama terjadinya kecelakaan pesawat terbang.

1. Kesalahan pilot

Dengan makin bagusnya teknologi, saat ini kecelakaan biasanya terjadi bukan karena mesin atau komponen tertentu pada pesawat melainkan karena pilot. Saat ini 50% kecelakaan pesawat terjadi karena kesalahan pilot.

Hal ini cukup bisa dimaklumi karena mesin pesawat sangat rumit dan harus dijalankan oleh orang yang berpengalaman. Beberapa hal yang bisa menyebabkan kecelakaan adalah kesalahan menjalankan program atau perhitungan pilot.

Walau pilot bisa menjadi penyebab kecelakaan, pilot jugalah satu-satunya orang yang bisa menyebabkan Anda selamat. Saat situasi genting dan pesawat mengalami kerusakan, semua penumpang menggantungkan nyawa pada pengalaman dan pengetahuan sang pilot.

2. Kerusakan mesin

Rusaknya mesin membuat 20% kecelakaan pesawat di dunia terjadi. Walau teknologi relatif sudah maju, hingga sekarang masih terjadi juga beberapa kerusakan mesin di udara yang berakibat fatal. Terkadang teknologi yang makin canggih juga bisa berujung pada kecelakaan yang makin kompleks. Saat sebuah teknologi baru ditemukan, dapat muncul masalah yang baru juga.

Contoh kecelakaan yang terjadi karena kerusakan mesin adalah tragedi tahun 1989. Waktu itu pesawat British Midland Boeing 737-400 mesin pertamanya mati. Namun karena peralatan yang rumit dan sulit dimengerti, pilot mengira mesin yang mati adalah mesin dua sehingga ia mematikan mesin kedua. Tanpa mesin, pesawat ini kemudian jatuh dan menimbulkan 47 orang meninggal serta puluhan sisanya luka-luka.

Itulah dua  penyebab utama terjadinya kecelakaan pesawat terbang.

(iflscience.com)