Find Us On Social Media :

Memperingati Invasi Normandia: Adakah yang Tahu Apa Arti 'D' dalam 'D-Day'?

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 7 Juni 2016 | 16:00 WIB

Memperingati Invasi Normandia: Adakah yang Tahu Apa Arti 'D' dalam 'D-Day'?

Intisari-Online.com - 72 tahun yang lalu, hampir 3 juta tentara mendarat di Normandia, sebelah utara Prancis, siap untuk membebaskan Eropa bagian utara dari kontrol Nazi. Di kalangan pembaca sejarah, peristiwa itu sering dikenal dengan D-Day. Adakah yang tahu apa arti ‘D’ dalam ‘D-Day’ itu?

Kemarin, 6 Juni 2016, adalah tanggal di mana orang-orang di seluruh dunia mengingat invasi laut terbesar sepanjang sejarah itu. Juga mengingat orang-orang yang tewas dalam pertempuran maha-dahsyat yang terjadi pada 1944 itu.

Hari itu, tentara Inggris mengirim pasukan amfibinya di lima pantai di Prancis pada 6 Juni 1944. Pendaratan awalnya dijadwalkan pada 5 Juni, tapi tertunda gara-gara kondisi cuaca yang sangat buruk.

 

Apa itu ‘D’ dalam ‘D-Day’?

Beberapa kalangan menyebut D sebagai deliverance (pembebasan), doom (malapetaka), atau debarkation (pendaratan); tapi pada kenyataannya, tak satu pun yang tahu apa maksud D di sini. ‘D’ hanya berarti awal dari operasi militer ini, dan lebih khusus digunakan sebagai awal dari pendaratan di Normandia.

 

Nama itu muncul untuk mencocokkan dengan penyebutan D-1 untuk sehari sebelum pendaratan, D+1 untuk sehari setelah pendaratan, D+2 untuk dua hari setelah pendaratan, dan seterusnya. Sama dengan penyebutan Lebaran di Indinesia; hari-H, H-1, H-2, H+1, H+2, dan seterusnya.

 

Seperti disebut di awal, ini adalah invasi laut terbesar sepanjang sejarah. Sekitar 61.715 tentara Inggris, 73 ribu tentara AS, 21.400 tentara Kanada, dan ribuan tentara dari negara lainnya, terlibat dalam operasi ini. Jumlah korbannya pun tak kalah banyak. Meski jumlah pastinya tidak diketahui, tapi menurut perkiraan, hampir 452 ribu tentara, baik dari Sekutu atau Jerman, tewas dalam pertempuran yang berlangsung selama dua bulan ini.