Find Us On Social Media :

Menggunakan Celana Motif SpongeBob, Pesepakbola Iran Dihukum Enam Bulan Tak Boleh Bermain Bola

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 9 Juni 2016 | 09:00 WIB

Menggunakan Celana Motif SpongeBob, Pesepakbola Iran Dihukum Enam Bulan Tak Boleh Bermain Bola

Intisari-Online.com - Gara-gara menggunakan celana motif SpongeBob, pesepakbola Iran dihukum enam bulan tak boleh bermain bola. Dalam sebuah foto yang tersebar luar di media sosial Sosha Makani, pesepakbola yang berposisi sebagai kiper itu, terlihat mengenakan kaus biru dan celana ketat kuning dengan totol-totol hitam, mirip seperti kulit karakter kartun lucu penghuni Bikini Bottoms itu.

Komite koral federasi sepakbola setempat menyebut pakaian yang dikenakan Makani sebagai pakaian yang tidak pantas. Karena ketat, sehingga bagian vital Makani terlihat sedikit menonjol. Meski demikian, keputusan ini sejatinya belum final, dan Makani masih bisa mengajukan banding melalui Komite Banding.

Ini bukan pertama kalinya pesepakbola 29 tahun itu mendapatkan kesulitan—terutama dari media sosialnya. Pada Januari lalu, Makani ditangkap dan diseret ke penjara setelah foto-fotonya bersama beberapa perempuan tersebar di media sosial.

" >

Ahli hukum Iran, Hossein Raeesi, mengatakan kepada International Campaign for Human Rights di Iran bahwa alasan penangkapan Makani didsarkan pada undang-undang kejahatan siber. “Undang-undang mengatakan, jika seseorang secara langsung mengunggah foto tidak senonoh baik dirinya atau orang lain secana online, berarti ia telah melakukan kejahatan,” ujar Raeesi.

Meski demikian, Raeesi ragu jika Makani sendiri yang mengunggah foto-foto itu, mengingat Makani adalah sosok yang populer di Iran. Asumsi itu diperkuat oleh pernyataan pengacaranya bahwa media sosial Makani diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Saya ragu Makani sendiri yang mengunggahnya,” tutup Raeesi.