Find Us On Social Media :

Di Tangan Haneefah Adam, Boneka Barbie Jadi Berjilbab

By Moh Habib Asyhad, Senin, 13 Juni 2016 | 09:00 WIB

Di Tangan Haneefah Adam, Boneka Barbie Jadi Berjilbab

Intisari-Online.com - Di tangan perempuan Nigeria bernama Haneefah Adam, boneka Barbie jadi berjilbab. Jika tidak percaya, kita bisa melihat pemandangan itu di akun Instagram @Hijarbie, akronim dari Hijab Barbie.

“Saya membuat akun dengan inisial itu untuk memberikan wadah busana muslim untuk boneka, karena aku belum pernah melihat ada yang menciptakan terobosan ini sebelumnya,” jelas perempuan 24 tahun itu.

Penyandang gelar S2 itu juga membeberkan dia dirinya sama sekali tidak pernah melihat boneka mengenakan busana serba tertutup. Alhasil, sebagai perempuan muslim, Adam merasa perlu menciptakan media untuk boneka berjilbab.

Sejauh ini, akun Instagram tersebut itu telah mengumpulkan lebih dari34 ribu followers dan telah mengunggah 51 foto semenjak Desember 2015 silam. Seri Barbie resmi yang diproduksi Matel, selama ini telah merilis sejumlah boneka yang mewakili sejumlah budaya, tradisi, dan etnis. Namun, satu pun belum ada yang didedikasikan untuk budaya muslim.

“Saya cukup terkejut dengan perhatian publik pada karyaku, mungkin karena orang-orang belum pernah melihat Barbie berjilbab,” imbuhnya. Adam mengaku bahwa dirinya telah menutupi tubuh dengan busana hijab semenjak usianya masih sangat muda.

Lulusan S2 jurusan farmasi di Inggris ini sekarang hidup di Negeria dan menjalankan laman pribadi yang dengan target pembaca para perempuan muslim di negara tersebut.