Apa Perubahan Praktik Anda di Ruang Kelas/Satuan Pendidikan yang Telah Anda Lakukan?

Moh. Habib Asyhad

Penulis

Artikel ini tentang apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan? Semoga bermanfaat (Wikipedia.org)

Artikel ini tentang apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan? Semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com -Sebagai seorang guru, ada pertanyaan di PMM yang harus Anda pecahnya:Apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Artikel di bawah ini akan memberikan beberapa opsi jawaban untuk Anda.

Apa Perubahan Praktik Anda di Ruang Kelas/Satuan Pendidikan yang Telah Anda Lakukan?

Perubahan praktik di ruang kelas atau satuan pendidikan dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan siswa dan perubahan kurikulum.

Beberapa contoh perubahan yang dapat diterapkan di ruang kelas di antaranya:

1. Pembelajaran Berbasis Teknologi

Dalam hal ini, guru bisa menggunakan perangkat elektronik dalam proses pembelajaran, seperti tablet atau laptop. Guru juga dapat menggunakan platform pembelajaran online atau aplikasi pendidikan lainnya.

2. Pendekatan Pembelajaran Aktif

Guru dapat menerapkan metode pembelajaran kolaboratif seperti diskusi kelompok dan proyek kelompok. Selain itu, guru juga bisa menggunakan teknik pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning).

3. Diferensiasi Instruksi

Guru dapat menyesuaikan proses pembelajaran terhadap individu siswa. Apabila siswa yang membutuhkan tantangan, maka guru dapat menyediakan materi tambahan. Untuk melihat kemajuan siswa, guru dapat menggunakan penilaian formatif.

4. Pengembangan Kompetensi Sosial dan Emosional

Guru dapat menerapkan program-program yang mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. Guru juga dapat membuat lingkungan kelas yang mendukung, di mana setiap siswa merasa dihargai dan nyaman dalam proses pembelajaran.

5. Pembelajaran Interdisipliner

Guru dapat menerapkan berbagai disiplin ilmu dalam satu tema pembelajaran. Sehingga guru dapat menerapkan pengetahuan mereka dalam konteks dunia nyata.

6. Penggunaan Data dan Penilaian

Guru dapat menggunakan data hasil penelitian dalam proses pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada siswa.

7. Pembelajaran Berbasis Kompetensi

Guru dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan penguasaan kompetensi melalui berbagai cara.

Itulah artikel tentang apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan? Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait