Tradisi Unik Suku Asmat Memuliakan Tengkorak Manusia

Afif Khoirul M

Penulis

Foto Serka Suhaedy dari TNI Diangkat Jadi Ketua Adat Suku Asmat.

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-online.com -Di jantung belantara Papua, di antara liku-liku sungai dan rimbunnya hutan hujan tropis, berdiamlah Suku Asmat, sekelompok manusia yang hidup dalam harmoni dengan alam.

Kehidupan mereka yang terjalin erat dengan alam liar melahirkan budaya dan tradisi yang unik, salah satunya adalah tradisi memuliakan tengkorak manusia.

Jauh dari kesan mengerikan, tradisi ini justru mencerminkan penghormatan mendalam Suku Asmat terhadap leluhur dan siklus kehidupan.

Bagi mereka, tengkorak bukan sekadar sisa-sisa jasad, melainkan simbol kekuatan, keberanian, dan penghubung dengan dunia roh.

Tradisi memuliakan tengkorak manusia dalam budaya Asmat berakar dari kepercayaan animisme dan dinamika sosial mereka.

Zeester dalam bukunya, The Asmat of New Guinea: The Journal of Michael Clark Rockefeller, (1967) menjelaskan bahwa Suku Asmat percaya bahwa setiap individu memiliki "jiwa" atau roh yang tetap ada setelah kematian.

Roh ini diyakini memiliki kekuatan dan dapat mempengaruhi kehidupan orang yang masih hidup.

Tengkorak, sebagai bagian tubuh yang dianggap paling dekat dengan jiwa, diperlakukan dengan penuh hormat.

Tobias Schneebaum dalam Keep the River on Your Right: A Modern Cannibal Tale (1969) mengungkapkan bahwa Suku Asmat meyakini bahwa dengan menjaga tengkorak, mereka menjaga hubungan dengan roh leluhur dan mendapatkan perlindungan serta berkah.

Ritual Pengayauan dan Kepala Musuh

Salah satu sumber tengkorak yang dimuliakan oleh Suku Asmat adalah kepala musuh. Dahulu, Suku Asmat mempraktikkan ritual pengayauan, yaitu perburuan kepala manusia dari suku lain.

Aksi ini, sebagaimana dijelaskan oleh Gregory Forth dalam Beneath the Skull: The Place of Headhunting in Southeast Asia and Melanesia (1999), bukan sekadar tindakan kekerasan, melainkan bagian dari sistem kepercayaan dan ritual yang kompleks.

Pengayauan dilakukan untuk membalaskan dendam, menunjukkan keberanian, dan memperoleh kekuatan spiritual.

Kepala musuh yang diperoleh melalui pengayauan dianggap memiliki kekuatan magis yang besar. Tengkorak kepala tersebut akan dibersihkan, dihiasi, dan disimpan sebagai pusaka suku.

Tidak hanya tengkorak musuh, Suku Asmat juga memuliakan tengkorak leluhur mereka sendiri. Ketika seorang anggota suku meninggal, tengkoraknya akan diambil dan dirawat dengan penuh kasih sayang.

Dalam buku Asmat Art: The Michael C. Rockefeller Collection (1993) karya Dirk Smidt, dijelaskan bahwa tengkorak leluhur diyakini sebagai penghubung dengan dunia roh dan dapat memberikan perlindungan kepada keturunannya.

Tengkorak tersebut akan dihiasi dengan ukiran dan hiasan lainnya, kemudian disimpan di rumah adat atau ditempatkan di atas tiang totem.

Perubahan Zaman dan Tradisi yang Memudar

Seiring dengan perkembangan zaman dan masuknya pengaruh luar, tradisi pengayauan dan pemuliaan tengkorak manusia di Suku Asmat mulai memudar.

Pemerintah Indonesia dan misi agama telah berusaha keras untuk menghentikan praktik pengayauan dan memperkenalkan agama Kristen kepada masyarakat Asmat.

Meskipun demikian, beberapa aspek dari tradisi pemuliaan tengkorak masih dipertahankan oleh sebagian masyarakat Asmat.

Mereka tetap menghormati tengkorak leluhur sebagai simbol kekuatan dan penghubung dengan dunia roh.

Tradisi pemuliaan tengkorak manusia di Suku Asmat merupakan contoh nyata bagaimana sebuah budaya dapat memberikan makna yang berbeda pada sesuatu yang dianggap tabu oleh budaya lain.

Penting bagi kita untuk memahami kearifan lokal dan menghormati perbedaan budaya.

Tradisi pemuliaan tengkorak manusia di Suku Asmat mengajarkan kita tentang penghormatan terhadap leluhur, siklus kehidupan, dan keterhubungan manusia dengan alam semesta.

Sumber:

Zeester, (1967). The Asmat of New Guinea: The Journal of Michael Clark Rockefeller.

Schneebaum, T. (1969). Keep the River on Your Right: A Modern Cannibal Tale.

Forth, G. (1999). Beneath the Skull: The Place of Headhunting in Southeast Asia and Melanesia.

Smidt, D. (1993). Asmat Art: The Michael C. Rockefeller Collection.

*

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Artikel Terkait