Find Us On Social Media :

Ketika Jokowi Mengakui Ada 12 Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu, dari 1965 hingga Aceh 2003

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 22 Oktober 2024 | 09:04 WIB

Peristiwa Simpang KKA Aceh 1999 termasuk 1 dari 12 pelanggaran HAM berat masa lalu di Indonesia yang diakui oleh mantan presiden Jokowi pada 2023 lalu.

Ada 12 pelanggaran HAM berat masa lalu di Indonesia yang diakui oleh mantan presiden Jokowi pada 2023 lalu. Dari peristiwa 1965 hingga peristiwa Jambo Keupok Aceh 2003.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Seolah membantah pernyataan Menteri Koordinator bidang Hukum, HAM, Imigrasi, dan Permasyarakatan Yusril Ihza Mahendra, setahun yang lalu, mantan presiden Joko Widodo telah menyebut ada 12 pelanggaran HAM berat masa lalu di Indonesia.

Salah satunya adalah peristiwa kekerasan dan kerusuhan sekitar 1998--sementara Yusril menyebut tidak ada pelanggaran HAM berat yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Yusril Ihza Mahenda Sebut Peristiwa 1998 Bukan Pelanggaran HAM Berat

Sebagaimana dikutip dari Kompas.com, pada Rabu, 11 Januari 2023, bertempat di Istana Negara, mantan presiden Jokowi mengakui adanya 12 peristiwa pelanggaran HAM berat yang terjadi di masa lalu. Itu dia sampaikan setelah menerima laporan dari Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia (PPHAM).

Untuk memperkuat pengakuannya, Jokowi bahkan bilang bahwa dirinya sudah membaca secara seksama laporan tersebut.

"Saya telah membaca dengan seksama laporan dari Tim PPHAM yang berat yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2022. Dengan pikiran yang jernih dan hati yang tulus saya sebagai Kepala Negara Republik Indonesia mengakui bahwa pelanggaran HAM yang berat memang terjadi di berbagai peristiwa," ujar Jokowi.

Tak hanya mengakui, Jokowi juga menyesalkan terjadinya pelanggaran HAM berat di masa lalu itu. Ini 12 peristiwa pelanggaran HAM berat yang diakui Kepala Negara:

1. Peristiwa 1965-1966